Turin – Penjaga gawang sekaligus kapten Juventus Gianluigi Buffon terancam sanksi. Buffon didakwa UEFA akibat reaksi agresif terhadap wasit Michael Oliver di Liga Champions.

Buffon diacungi kartu merah karena marah-marah terhadap Olivier momen Juve disingkirkan Real Madrid meski unggul 3-1 di perempatfinal leg kedua, sebulan lalu. Pesepakbola berusia 40 tahun tersebut menggugat keputusan si wasit karena memberi Madrid penalti di masa injury time.

Seperti diketahui, penalti itu yang kemudian menjadi penentu kelolosan El Real dengan agregat 4-3.

Kemarahan Buffon berlanjut usai matchday. Pemenang Piala Dunia bersama timnas Italia itu mengkritik Oliver, menyangsikan kemampuannya, meski kemudian minta maaf.
Buntut momen ini, Oliver dan isterinya menerima perlakuan tidak menyenangkan dari fans. UEFA pun mengutuk tindakan tersebut.

Dilansir Sky Sports, Buffon dianggap telah melanggar ‘prinsip-prinsip umum berperilaku’. Komisi Disiplin UEFA akan membuat putusan kasus ini pada 31 Mei.

Sekalipun nantinya dinyatakan UEFA bersalah, Buffon bisa saja tidak akan menjalani hukuman. Buffon santer dikabarkan akan pensiun dari sepakbola profesional di musim panas ini.

(rin/ran)