Madrid – Atletico Madrid berhasil memimpin 1-0 atas The Gunner di babak I leg kedua semifinal Liga Europa. Gol Diego Costa memecah kebuntuan tuan rumah jelang turun minum.

Jalannya Matchday

The Gunner duluan memberi ancaman kejadian laga di Wanda Metropolitano, Jumat (4/5/2018) dinihari WIB, trendi berjalan lima menit. Alexandre Lacazette melepaskan umpan silang, Jack Wilshere yang mendapatkan gangguan gagal menjangkau bola. Namun sepakan sudut tetap didapatkan The Gunner setelah bola dibuang pemain rival.

Selang semenit kemudian giliran Atletico yang mengancam gawang The Gunner. Berawal dari serangan cepat, Costa berhasil melepaskan diri dari kawalan Nacho Monreal sebelum berhadapan langsung dengan David Ospina. Namun bola hasil sepakannya justru melayang tinggi di atas gawang.

Di menit kedelapan The Gunner harus kehilangan Laurent Koscielny yang terlihat mengerang kesakitan memegangi kakinya usai terjatuh sendiri. Sempat mendapat perawatan beberapa menit di dalam lapangan, kapten Meriam London itu akhirnya digantikan oleh Calum Chambers di menit ke-12.

Tak ada tim yang mencolok dalam penguasaan bola selama 15 menit laga berjalan. Baik Atletico dan The Gunner saling bergantian mengontrol matchday. Akan tetapi, keduanya masih terlihat sulit masuk ke sepertiga penjagaan rival.

The Gunner berhasil membongkar penjagaan Atletico di menit ke-28. Lacazette berhasil mendekat ke gawang rival, namun ujung tombak asal Prancis tersebut kehilangan momentum menembak. Bola pun diumpan ke Mesut Oezil untuk diarahkan ke depan gawang. Ada Aaron Ramsey yang siap menyambar bola, namun gagal setelah lebih dulu dipotong Diego Godin.

Setengah jam laga berjalan, tiap-tiap tim trendi melepaskan satu tembakan tanpa ada yang mengarah ke gawang. Serangan Atletico dan The Gunner kerap gagal di sepertiga akhir.

Atletico berhasil melepaskan dua tembakan di menit ke-38. Percobaan pertama dilepaskan oleh Koke di depan kotak penalti, selang beberapa detik kemudian giliran Antoine Griezmann dari jarak dekat. Percobaan itu belum berbuah gol setelah bola sedikit melebar dari gawang.

Jelang turun minum Atletico berhasil memimpin 1-0. Memanfaatkan umpan terobosan Griezmann, Costa mengontrol bola di dalam kotak penalti tanpa bisa dihentikan Bellerin. Costa pun dengan mudah melesakkan gol dari jarak dekat. Skor itu bertahan hingga paruh pertama.

Susunan Pemain:

Atletico: Oblak; Thomas, Gimenez, Godin, Lucas; Vitolo, Saul, Gabi, Koke; Costa, Griezmann.

The Gunner: Ospina; Bellerin, Mustafi, Koscielny (Chambers 12′), Monreal; Ramsey, Xhaka, Wilshere; Welbeck, Oezil, Lacazette.

(ran/raw)