Liverpool – Liverpool benar-benar harus segera memperbaiki pertahanannya jika ingin lolos dari fase grup Liga Champions musim ini. Ada catatan buruk yang harus dihentikan.

Liverpool kembali memetik hasil imbang di matchday 2 Liga Champions. Bertandang ke Spartak Moskow, Rabu (27/9/2017) dinihari WIB, ‘Si Merah’ berimbang 1-1 setelah tertinggal lebih dulu.

Di matchday 1 sebelumnya, skuat arahan Juergen Klopp juga harus berbagi poin. Mereka ditahan Sevilla 2-2 di Anfield.

Hasil imbang ini kembali menempatkan Liverpool dalam tekanan. Selain memperberat upaya lolos dari fase grup, mereka juga belum berhasil keluar dari laju buruk. Dalam enam pertandingan terakhir, anak-anak Merseyside ini cuma menang sekali.

Selain itu, sorotan kembali mengarah ke pertahanan mereka. Dengan kebobolan satu gol saja, maka Liverpool sudah memperpanjang laju tak pernah clean sheet dalam enam laga teranyarnya.

Khusus di Liga Champions, catatannya malah jauh lebih buruk. Opta mencatat bahwa sejak menang 1-0 atas Debrecen pada November 2009 silam, Liverpool tak pernah clean sheet.

Ada 11 pertandingan yang dilalui Liverpool di mana mereka selalu kebobolan, termasuk dua partai di fase play-off. Dalam periode itu, mereka cuma menang tiga kali yang mana dua di antaranya dipetik saat masih di fase play-off untuk mencapai babak grup.

Jika hanya menghitung partai di babak utama, maka Liverpool sudah gagal clean sheet di sembilan pertandingan terakhir dan gagal menang di tujuh pertandingan teranyarnya (4 imbang, 3 kalah).

(raw/nds)