Jakarta – Olympique de Marseille akan berhadapan dengan Atletico Madrid di final Liga Europa. Kedua tim mutakhir dua kali saling berhadapan dan Atletico tak pernah takluk.

Laga tersebut nantinya akan berlangsung di Parc Olympique Lyon, Kamis (17/5) dinihari WIB. Marseille melangkah dengan mengalahkan Red Bull Salzburg dan Atletico melaju ke final setelah menyingkirkan The Gunner.

Marseille dan Atletico untuk pertama kalinya bertemu di pentas Eropa pada fase grup Liga Champions 2008/2009. Dalam pertemuan pertama, Los Colchoneros unggul 2-1 di kandang pada Oktober 2008. Laga berikutnya berimbang 0-0 di kandang Marseille pada Desember 2008.


Tim asal ibukota Spanyol itu mempunyai catatan bagus dalam menghadapi tim-tim dari Prancis. Dari 12 pertemuan, Atletico cuma takluk satu kali, enam kemenangan, dan sekali setara.

Marseille sudah bertemu dengan tim-tim asal Spanyol sebanyak 15 kali. Ada empat kemenangan, tiga setara, dan delapan kekalahan yang didapat tim berjulukan Les Phoceens.

Atletico berlaga di Liga Europa musim ini karena cuma finis di urutan ketiga pada fase grup Liga Champions. Di Liga Europa mereka bermain sebanyak delapan matchday dengan mencetak 17 gol atau 2,1 gol per laga dan kebobolan empat kali.

Marseille sudah bermain 18 kali di Liga Europa musim ini. Tim besutan Rudi Garcia itu mencetak 21 gol dengan rataan gol 1,2 per laga dan kebobolan delapan gol.

Pemain tengah Marseille, Dimitri Payet, menjadi pemain yang paling banyak menciptakan assist di Liga Europa kali ini. Mantan pemain West Ham itu mengemas tujuh assist.

(ran/cas)