London – Sudah pasti lolos, Chelsea punya kendali besar di Grup C Liga Champions. Antonio Conte menuntut timnya cuma fokus memenangi laga lawan Atletico Madrid.

Chelsea akan menjamu Atletico di matchday 6 Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (6/12/2017) dinihari WIB. Situasinya agak rumit untuk The Blues meski sudah dipastikan lolos.

Memimpin grup dengan nilai 10, Chelsea cuma dua poin dari AS Roma di peringkat dua yang akan menghadapi Qarabag. Sementara Atletico ada di posisi tiga dengan enam poin dan wajib menang jika ingin menjaga kans lolos.

Chelsea bisa saja melepaskan pertandingan ini karena sudah mendapatkan tiket fase gugur. Tapi anak-anak London barat ini harus siap finis runner-up grup jika Roma menang, atau mungkin tetap jadi juara grup jika Giallorossi tertahan oleh Qarabag.

Melepaskan laga ini bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk Chelsea, mengingat mereka menghadapi periode padat Natal-Tahun Baru di Inggris. Mengistirahatkan para pemain kunci niscaya bisa berarti besar.

Tapi merelakan pertandingan ini juga bisa berpotensi merugikan ke depannya sebab peluang Atletico lolos akan lebih besar. Padahal, Atletico punya pengalaman lebih baik di Liga Champions ketimbang Roma.

Mengingat keduanya berpeluang kembali menjadi lawan di fase-fase berikutnya, Chelsea boleh jadi akan memikirkan baik-baik faktor tersebut. Tapi Conte tak mau skuatnya berpikir terlalu rumit: kejar saja kemenangan.

“Dalam hal ini, penting untuk memerhatikan diri sendiri. Liga Champions itu turnamen besar, yang terbaik, dan setiap tim ingin lolos ke fase berikutnya. Soal ini, grup kami itu sangat sulit karena ada Chelsea, Atletico Madrid, dan Roma, dan jangan lupa Qarabag,” ungkapnya dikutip Soccerway.

“Yang lalu-lalu, Atletico Madrid tampil bagus di Liga Champions dan mereka bermain di dua final dalam beberapa tahun terakhir dan bisa jadi sebuah kejutan kalau mereka tak lolos. Tapi grup ini memang tidak simpel.”

“Penting bagi kami untuk memerhatikan diri sendiri dan senang bisa lolos dengan satu laga tersisa. Kami harus puas dengan jalan kami dan mungkin saya menyesali satu pertandingan, tandang melawan Roma. Kami ingin memainkan setiap laga untuk menang, normal saja,” imbuhnya.

Conte pribadi tak ambil pusing dengan peluang di undian knock-out. Sebab finis pertama pun bisa berhadapan dengan tim-tim besar macam Bayern Munich, Juventus, dan Real Madrid.

“Kalau menang, di undian Anda bisa bertemu Real Madrid dan Bayern Munich dan Juventus serta tim-tim lainnya. Kami harus melakukan yang terbaik dan kemudian melihat apa yang terjadi di undian nanti,” tandas pria Italia itu.

(raw/krs)