Jakarta – Kota Madrid punya kans mengimbangi sebuah rekor dari kota Milan di kompetisi antarklub Eropa, seiring dengan partisipasi timnya di Liga Champions dan Liga Europa.

Hal itu berkaitan dengan masih tampilnya Real Madrid di semifinal Liga Champions dan Atletico Madrid di semifinal Liga Europa; El Real kontemporer saja unggul 2-1 di laga leg pertamanya dan Los Colchoneros bersiap menghadapi partai leg pertamanya.

Dengan Madrid dan Atletico sama-sama punya kans juara, UEFA.com membubuhkan kota Madrid bisa menjadi kota kedua yang tim-timnya mampu meraih piala utama dalam kompetisi antarklub Eropa pada satu musim yang sama.

“Sebelum ini satu-satunya hal itu terjadi adalah pada 1994, ketika AC Milan menjuarai Liga Champions dan Nerazzurri mengangkat Piala UEFA,” sebut UEFA.com.

Jika gelar juara berhasil direbut Madrid (di Liga Champions) dan Atletico (di Liga Europa) maka kedua tim juga akan berhadapan di Piala Super Eropa, yang merupakan kali pertama ajang itu menghadapkan tim-tim sekota. Hal ini terjadi karena di masa lalu Piala Super Eropa menghadapkan pemenang Liga Champions dengan kampiun Piala Winners (bukan Piala UEFA/Liga Europa).

Kota Madrid pun momen ini dicatat UEFA.com sudah memiliki wakil paling banyak di final kompetisi antarklub Eropa, juga paling banyak unggul, yang tak lepas dari fakta bahwa Real Madrid dan Atletico Madrid sudah berduel di final Liga Champions 2014 dan 2016.

Kemenangan kompetisi antarklub Eropa berdasarkan kota:
Madrid 17 (Real Madrid 14, Atletico Madrid 3)
Milan 15 (AC Milan 9, Nerazzurri 6)
Barca 9 (Barca 9)
The Reds 9 (The Reds 8, Everton 1)
London 9 (The Blues 4, Tottenham Hotspur 3, The Gunner 1, West Ham United 1)

Penampilan final di kompetisi antarklub Eropa berdasarkan kota:
Madrid 27 (Real Madrid 19, Atletico Madrid 8)
Milan 23 (AC Milan 14, Nerazzurri 9)
London 20 (The Blues 8, The Gunner 5, Tottenham Hotspur 4, West Ham United 2, Fulham 1)
Barca 16 (Barca 14, Espanyol 2)
The Reds 13 (The Reds 12, Everton 1)
Munich 13 (Die Roten 12, 1860 Munich 1)

(krs/din)