Manchester – Gol CSKA Moskow ke gawang Manchester United sempat diprotes pemain tuan rumah yang menilai ada offside. Wasit berbeda pendapat. Begini penjelasannya.

Dalam partai matchday keenam Liga Champions di Old Trafford, Rabu (6/12/2017) dini hari WIB, CSKA yang datang bertamu mampu unggul lebih dulu di menit ke-45.

Saat itu bola tembakan Vitinho membentur kena rekannya sendiri, Alan Dzagoez, lalu masuk ke gawang MU. Para pemain The Red Devils mengklaim offside karena posisi Dzagoev ada di antara bek terakhir MU dan kiper Sergio Romero.

Akan tetapi, protes sejumlah pemain tim tuan rumah itu tidak digubris oleh wasit Gianluca Rocchi asal Italia yang tetap mengesahkan gol tersebut. Keputusan wasit memang sudah tepat.

Menurut aturan FIFA, posisi Dzagoev dibuat menjadi onside oleh Daley Blind, yang sebelum itu meluncur keluar lapangan dalam usahanya menghadang sebuah umpan.

 

Dalam regulasi tersebut, pemain bertahan yang keluar lapangan permainan untuk alasan apa pun, tanpa seizin wasit, akan dianggap berdiri di garis gawangnya sendiri.

Akibat Blind masih ada di luar lapangan usai melakukan sliding tackle, Dzagoev pun dianggap berdiri dalam posisi onside sehingga gol CSKA tetap berlaku — dengan situs resmi UEFA menyatakannya sebagai gol Vitinho.

Kenapa Gol CSKA ke Gawang MU Tidak Offside?Foto: Phil Noble/Reuters

“Itu sebuah peraturan baru,” kata pemain MU Juan Mata, seperti dilansir Soccerway. “Kami sudah bertanya ke wasit karena kami melihat Daley di luar lapangan dan kami harus berhati-hati dengan hal serupa karena gol semacam itu kini berlaku.”

Pun begitu, gol CSKA tersebut pada akhirnya tidak berarti apa-apa karena MU berhasil bangkit dari ketinggalan dan menang 2-1. The Red Devils memastikan lolos sebagai juara Grup A.

(krs/fem)