Munich – Perbandingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jadi perbincangan yang tak pernah habis. Kali ini Joshua Kimmich yang menganggap Ronaldo lebih baik.

Die Roten akan menghadapi Real Madrid pada semifinal Liga Champions yang mana leg pertama digelar, Kamis (26/4/2018) dinihari WIB besok. Otomatis Kimmich yang bermain sebagai defender kanan tim berpotensi head to head dengan Ronaldo.

Ini menjadi PR besar bagi Kimmich karena performa Ronaldo di Liga Champions sedang sangat baik. Ia selalu mencetak gol pada 12 laga terakhir di Liga Champions dengan total 22 gol.

Musim ini Ronaldo sedang menjadi top skorer sementara Liga Champions dengan 15 gol. Ia jauh meninggalkan trio The Reds di bawahnya yaitu Mohamed Salah dan Roberto Firmino (8 gol) serta Sadio Mane (7 gol).

Kimmich pun menganggap Ronaldo menjadi pemain yang lebih tajam dan komplet ketimbang pesaing utamanya Messi.

“Ketika berbicara kuota gol, Ronaldo memimpin. Terutama soal gol di Liga Champions. Messi adalah pemain dengan tipe yang berbeda. Ronaldo lebih lengkap terkait skill yang dimiliki,” ujar Kimmich kepada Bild dikutip Soccerway.

“Messi adalah sosok yang gemar mendribble, sementara Ronaldo adalah ‘final player’. Saya tak bisa bilang ini lebih baik dan itu lebih baik. Saya bersyukur sempat merasakan melawan keduanya,” sambungnya.

“Melawan Ronaldo, Anda tidak bisa sendirian menghentikannya. Dia adalah mesin gol, dengan jumlah gol yang luar biasa. Kami harus bisa memastikan bahwa dia tak melanjutkan rekor itu,” tutupnya.

(mrp/din)