Madrid – UEFA menjatuhkan hukuman kepada defender Real Madrid, Dani Carvajal, berupa larangan bertanding sebanyak dua laga. Carvajal dianggap sengaja mencari kartu kuning.

Badan Kontrol, Etik, dan Disiplin UEFA melakukan investigasi setelah Carvajal terkena kartu kuning ketika Madrid mengalahkan APOEL Nicosia 6-0 di Liga Champions, 21 November lalu. Momen itu, Carvajal diganjar kartu kuning oleh wasit karena dianggap mengulur-ulur waktu kejadian hendak melakukan lemparan ke dalam di menit-menit akhir.

Kartu kuning itu adalah kartu kuning ketiga yang diterima Carvajal di Liga Champions. Pemain bertahan berusia 25 tahun itu pun terkena akumulasi kartu kuning dan harus absen pada laga terakhir fase grup melawan Borussia Dortmund, Rabu (6/12/2017), yang sudah tak berarti apa-apa. Jika tak terkena hukuman tambahan dari UEFA, dia akan bersih dari kartu kuning di babak 16 besar.

Akan tetapi, Badan Kontrol, Etik, dan Disiplin UEFA mendakwa Carvajal telah sengaja mencari kartu kuning. Ini adalah pelanggaran Artikel 15 Peraturan Disiplin UEFA. Carvajal pun dihukum dua matchday.

Karena Carvajal sudah absen pada laga melawan Dortmund di fase grup, dia pun tinggal menjalani hukuman satu matchday, yaitu di leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang akan digelar pada bulan Februari 2018.

Di Liga Champions 2010/2011, Madrid pernah menghadapi masalah serupa. Kala itu, Sergio Ramos dan Xabi Alonso dinilai sengaja mendapat kartu merah di laga melawan Ajax.

Ramos dan Alonso harus membayar denda kepada UEFA. Sedangkan Jose Mourinho yang dinilai merancangkan kartu merah tersebut dilarang mendampingi Madrid dalam satu matchday.

(mfi/cas)