Singapura – Persija Jakarta lolos dari fase grup Piala AFC 2018 sebagai posisi teratas. Pada laga pamungkas kontra Tampines Rovers, Macan Kemayoran unggul dengan skor 4-2.

Pada laga Grup H yang dihelat di Jalan Besar Stadium, Selasa (24/4/2018) malam WIB, Persija menang duluan di babak pertama lewat gol-gol Rezaldi Hehanusa dan Marko Simic. Tampines sempat menyetarakan skor lewat Jordan Webb.

Persija menambah gol lagi lewat Novri Setiawan dan Addison Alves sebelum Tampines mencetak gol hiburan lewat Fazrul Nawaz.

Tambahan tiga poin ini membuat Persija jadi juara grup dan berhak ke semifinal zona ASEAN dengan nilai 13 poin, menang tiga angka dari Song Lam Nghe An di urutan kedua. Tampines jadi juru kunci dengan satu poin.

Jalannya Matchday

Persija langsung menggebrak sejak menit awal karena butuh kemenangan. Peluang pertama hadir di menit ke-11 lewat tembakan Rohit Chand tapi bisa ditepis Haikal Hasnol.

Serbuan Persija akhirnya berbua hasil pada menit ke-23 ketika umpan silang Riko Simanjuntak dari sisi kanan diterima Rezaldi. Sempat gagal dalam usaha pertamanya menembak, Rezaldi berhasil mengoyak gawang Tampines di tiang dekat lewat kaki kanannya.

Tapi keunggulan Persija cuma bertahan empat menit karena tendangan sudut yang dieksekusi Muhammad Yasir berhasil ditanduk Jordan Webb ke gawang Andritany. Skor sebanding 1-1.

Setelah kebobolan, Persija malah harus kehilangan Jaimerson yang mengalami cedera dan harus digantikan Gunawan Dwi Cahyo.

Persija malah balik ditekan Tampines ketika tuan rumah punya peluang pada menit ke-39. Tembakan keras Rutaro Megumi memaksa Andritany menepis bola dengan susah payah.

Namun, menjelang babak pertama usai, tepatnya di menit ke-46, Persija menang lagi. Kali ini Riko yang merangsek dari sisi kanan mampu menipu Mustafic Fahrudin sebelum memberi umpan tarik yang mudah saja disontek Simic ke gawang.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persija bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk di babak kedua, Persija mendapat peluang di menit ke-48 tapi tembakan Simic bisa ditepis penjaga gawang Haikal Hasnol.

Persija menjauhkan keunggulan jadi 3-1 lewat gol Novri Setiawan. Serangan balik cepat dari Persija yang diawali Riko mampu membongkar penjagaan rival sebelum melepaskan umpan yang disontek Novri.

Terus menekan penjagaan Tampines, Persija mendapat gol keempat lewat Addison yang masuk menggantikan Simic. Addison melakukan aksi individu dari sisi kiri dan sukses menaklukkan kawalan pemain rival sebelum melepaskan sepakan ke pojok kanan gawang.

Tampines memperkecil skor jadi 2-4 pada menit ke-80 ketika tandukan Fazrul meneruskan crossing Khairul Amri yang membentur Gunawan masuk ke gawang Andritany.

Tak ada lagi gol tercipta dan Persija pun lolos dari fase grup dengan predikat juara grup.

Susunan Pemain

Tampines Rovers: Haikal Hasnol; Irfan Najeeb (Ahmad Yunos 78′), Irwan Shah (Z Suzliman 78′), Amirul Adli, Daniel Bennett, Mustafic Fahruddin (Fazrul Nawaz 64′); Ryutaro Megumi, Jordan Webb, Shameer Aziq, Yasir bin Hanapi, Khairul Amri

Persija Jakarta: Andritany Ardhyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Jaimerson da Silva Xavier (Gunawan Dwi Cahyo 34′), Rezaldi Hehanusa; Sandy Sute (A. Septianus 77′), Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Marko Simic (Addison 63′), Novri Setiawan

(mrp/din)