Samarinda – Borneo FC bermain setara Persebaya Surabaya 2-2 di pekan kedelapan Liga 1 2018. Sementara itu, PS Tira sukses mengalahkan PSMS Medan 3-2.

Laga yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (11/5/2018) berjalan cukup seimbang sejak awal. Kedua tim sama-sama banyak menekan.

Persebaya membuka percobaannya di menit ketujuh. Ruben Sanadi melepaskan sepakan voli, tapi sepakannya masih terlalu kencang. Bola melayang ke atas.

Di menit ke-23, Irfan Jaya kembali mengancam. Ia bisa melepaskan tendangan ke gawang Borneo, tapi bolanya masih bisa ditangkap penjaga gawang M Ridho. Adapun Borneo juga cukup kesulitan mengancam gawang Persebaya. Srdjan Lopicic dan Lerby Eliandry gagal menciptakan peluang berarti untuk lawannya.

Di menit ke-36, Borneo membangun serangan. Umpan tarik dilepaskan Ambrizal Umanailo ke tengah, tapi penjaga gawang Persebaya Miswar Saputra bisa menangkap bolanya.

Babak kedua digelar, Persebaya langsung memimpin di menit ke-47. Irfan Jaya yang lolos dari benteng, menerima bola dan membawanya ke kotak penalti, lalu menaklukkan Ridho dengan sepakan mendatar.

Borneo tak tinggal diam. Di menit ke-56, Borneo nyaris menyetarakan kedudukan. Julien Faubert melepaskan umpan silang dari sisi kiri, yang bisa ditanduk Lerby. Namun bola masih tipis di atas gawang Persebaya.

Semenit berselang, giliran Al Hadji Adamou yang mengancam. Menerima bola liar hasil umpan silang Titus Bonai, tendangannya malah membuat bola ke atas.

Upaya Borneo akhirnya membuahkan hasil di menit ke-66. Ruben menjatuhkan Sultan Samma di kotak penalti sehingga dikartu kuning dan Persebaya dihukum penalti. Lerby yang mengeksekusinya, tidak membuang kesempatan itu untuk menyetarakan skor menjadi 1-1.

Skor yang kembali setara membuat laga berjalan menarik. Persebaya sempat mengancam lewat sepakan Rendi Irwan, tapi melayang ke atas.

Di menit ke-72, tuan rumah membalas lewat percobaan Marlon Da Silva, yang masuk menggantikan Ambrizal. Menguasai bola, ia melepaskan tendangan yang melenceng dari gawang Persebaya.

Di menit ke-75, Al Hadji kartu kuning karena dianggap melakukan diving. Semenit berselang, gawang Borneo pun kebobolan.

Adalah Pahabol yang merobek gawang Ridho. Menanfaatkan umpan tarik David Silva yang lolos dari perangkap offside, Pahabol menceploskan bola ke gawang Borneo. Persebaya kembali memimpin 2-1.

Di menit ke-83, Borneo nyaris menyetarakan kedudukan lagi. Memanfaatkan bola liar hasil tepisan Miswar, Marlon Silva melepaskan tendangan yang bisa ditepis Miswar lagi.

Dua menit berselang, Persebaya yang gantian nyaris menjauhkan keunggulan. Lewat serangan balik cepat, Rendi meneruskan umpan silang dari sisi kiri lewat sepakan lob, bolanya melewati penjaga gawang, tapi tidak masuk ke gawang karena terlalu kencang.

Di menit ke-86, upaya Borneo kembali berbuah manis. Memanfaatkan umpan sundulan Marlon Silva, Lerby meneruskannya dengan sundulan lagi yang membuat bola masuk ke dalam gawang Persebaya tanpa bisa diamankan Miswar. Skor menjadi 2-2.

Di sisa waktu laga, kedua tim masih terus berjuang mencetak gol kemenangan. Namun hasil akhir tidak berubah. Borneo vs Persebaya berakhir 2-2.Tambahan satu poin membuat Persebaya tertahan di posisi empat dengan 12 poin. Adapun Borneo masih di posisi 12 dengan sembilan poin.

Sementara di matchday lain, PS Tira bisa mengalahkan PSMS Medan 3-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul. Bertanding di tengah kondisi wilayah yang terancam abu letusan gunung Merapi, PS Tira bisa meraup tiga poin.

Gol PS Tira dicetak Ganjar Mukti di menit kedelapan, Wawan Febrianto (34′) dan Gustavo Lopez (39′). Sementara PSMS membalas lewat aksi Frets Butuan (29′) dan Suhandi (45′). Kemenangan membuat PS Tira naik ke peringkat delapan dengan 10 poin, sementara PSMS masih di posisi 13 dengan sembilan poin.

Susunan Pemain

Borneo FC: M Ridho, Leonard Tupamahu, Alhadji Adamou, Azamat Baimatov, Abdul Rachman, Julien Faubert, Srdjan Lopicic, Sultan Samma, Titus Bonai (Eddy Gunawan 84′), Abrizal Umanailo, Lerby Eliandry

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Ruben Sanadi, Fandry Imbiri, M Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Rendi Saputra, Nelson Alom (Sidik Saimima 38′), Robertino Pugliara, Irfan Jaya, Yohanes Ferinando Pahabol (Misbakus Solikin 87′), Rishadi Fauzi (David Silva 64′)

(yna/cas)