Jakarta – Persib Bandung mengumumkan sudah mendapatkan Roberto Carlos Mario Gomez sebagai pelatih baru. Apa alasannya menunjuk pria asal Argentina itu?

Persib mengumumkan nama Mario Gomez lewat situs resmi klub. Dia disebut-sebut sudah sepakat untuk dikotrak selama dua tahun dan akan diperkenalkan pada awal Desember 2017.

Kabar ini sekaligus mengakhiri teka-teki sosok pelatih Persib setelah terakhir ditukangi Emral Abus di beberapa laga sisa Liga 1 2017. Sempat muncul nama Rahmad Darmawan sebagai kandidat, namun mantan pelatih T-Team itu berlabuh ke Sriwijaya FC.

Menurut Media Officer Persib Bandung, Irfan Suryadireja, keputusan mengambil Mario Gomez lantaran track record yang cukup oke saat di Liga Malaysia bersama Johor Darul Ta’zim. Selain itu, kultur sepakbola Indonesia dengan Malaysia tidak jauh berbeda.

“Awalnya kami mau RD, tapi waktu itu masih terikat dengan T-Team dan pada akhirnya tidak ada kesepakatan yang tercapai. Persib pun kemudian cari alternatif lain, yang alhamdulillah pelatih asing,” kata Irfan kepada detikSport.

“Ada beberapa tawaran dari agen-agen kemudian manajemen mengkaji track record para pelatih. Akhirnya jatuh ke Mario Gomez dengan pertimbangan kultur sepakbola Malaysia dan Indonesia tidak jauh berbeda,” sambungnya.

“Jadi kesepakatan dibuat lewat agen dan sekarang tinggal tunggu Mario Gomez datang ke Indonesia. Dia lagi urus semua persiapan untuk ke sini karena akan langsung bekerja saat datang,” beber Irfan.

Selama melatih Johor Darul Ta’zim, Mario Gomez berhasil memenangi beberapa piala bergengsi, di antaranya juara Piala AFC 2015, Malaysia Super League, dan Piala Malaysia.

(ran/ran)