Jakarta – Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pernah menjanjikan membangun stadion baru sekelas Old Trafford untuk Persija Jakarta. Seperti ini penampakan desain stadion tersebut.

Di situs resmi pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpampang desain stadion. Kandang baru Mancan Kemayoran itu ditargetkan dibangun di tahun pertama pemerintahan Anies-Sandi.

Pantauan detikSport di situs jakartamajubersama.com milik pasangan Anies-Sandi, terdapat bagian yang menerangkan rencana pembangunan stadion baru untuk warga Jakarta. Bagaimana perwujudan stadion tersebut juga terlihat dalam bentuk gambar desain.

Pada bagian penjelasan di bawahnya, disebutkan kalau pembangunan stadion akan dilakukan di tahun pertama pemerintahan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Saat berkampanye tahun lalu, Anies-Sandi menyatakan kalau mereka berniat membangun stadion dengan level internasional. Pasangan ini menyebut Old Trafford dan Allianz Arena sebagai perbandingan.

Selain bertaraf internasional, stadion anyar ini nantinya akan memiliki wahana wisata di bagian dalamnya. Tujuannya supaya stadion tetap ramai meski sedang tidak ada pertandingan.

Beberapa contoh wahana wisata yang canangkan adalah museum Sepakbola Jakarta dan patung-patung legenda sepakbola dari Jakarta yang akan diletakkan di depan stadion sebagai apresiasi sejarah sepakbola Jakarta.

Foto: Amalia Dwi Septi

Sebagai sarana pendukung stadion tersebut, juga akan disiapkan rute bus Transjakarta ke stadion. Bahkan untuk matchday akan disiapkan bus khusus untuk mengangkut TheJak ke stadion.

Hal lainnya, Anies-Sandi juga menjanjikan akan melakukan revitalisasi terhadap stadion berkapasitas kecil yang ada di Jakarta sehingga bisa digunakan masyarakat umum.

(din/fem)