Bandung – Ezechiel N’Douassel tampil prima sejak direkrut Persib Bandung. Herie Setyawan, pelatih sementara Persib, mengungkap caranya memaksimalkan penyerangnya itu.

Persib merekrut Ezechiel pada awal Agustus lalu. Penyerang asal Chad itu diplot sebagai pengganti Carlton Cole yang sebelumnya dinilai tidak tampil sesuai ekspektasi.

Dari statistik Liga-Indonesia.id, Ezechiel kini sudah tampil dalam empat pertandingan Liga 1 bersama Persib dengan catatan impresif; mencetak dua gol dan membuat empat assist.

Hal itu tampaknya tak lepas dari strategi Persib yang memberi kebebasan buat Ezechiel untuk terus bergerak mencari bola sesuai dengan karakteristik pemain bersangkutan.

“Ezechiel bukan tipikal pemain yang hanya diam di kotak penalti. Kalau dia tidak dapat suplai bola, dia bisa cari bola sendiri,” ucap Herie, di Mes Persib, Kota Bandung, Rabu (6/9/2017).

Herie memang tidak memplot Ezechiel sebagai target man karena risau hal itu justru tidak membuat potensi pemain 29 tahun itu termaksimalkan. Tapi ia juga sudah mewanti-wanti agar Ezechiel tak melupakan peran utamanya.

“Makanya dia (Ezechiel) dibebaskan main dan bergerak sesuka dia. Performanya akan lebih meningkat bila dibebaskan bergerak karena dia tipe pemain yang banyak bergerak,” katanya.

“Dia efektif main di posisi mana pun. Dia bisa ngasih assist dari samping, dia juga bisa ngasih umpan terobosan dan bisa nyetak gol. Tapi saya sering ingatkan dia. Dia boleh bergerak ke mana-mana. Tapi tugas utama dia mencetak gol,” tutur Herie.

(krs/fem)