Malang – Catatan tak terkalahkan Persipura Jayapura di Liga 1 2018 akhirnya terhenti di pekan keenam setelah mereka ditekuk Arema FC. Persoalan fokus menjadi pemicu kekalahan tim Mutiara Hitam.

Persipura harus mengiyakan keunggulan Arema dengan skor 1-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (27/4/2018). Ini merupakan kekalahan pertama Persipura pada musim ini setelah pada lima laga awal mereka unggul tiga kali dan seri dua kali.

Persipura lebih dulu tertinggal 0-3 setelah gawang mereka dibobol Rivaldi Bawuo dan Dedik Setiawan (dua kali). Tim tamu cuma sanggup mencetak satu gol hiburan melalui Todd Rivaldo di menit-menit akhir.

“Saya sedikit kecewa dengan hasil matchday tadi. Tim tidak begitu fokus hingga bertekuk lutut,” ujar pelatih Persipura, Peter Butler, seusai matchday.

“Ini jangan sampai terulang lagi,” katanya.

Sebelum matchday, Arema adalah penghuni dasar klasemen Liga 1, sementara Persipura merupakan pemimpin klasemen. Menurut Peter, ini adalah bukti tiap tim bisa saling mengalahkan.

“Dan sekarang terbukti,” katanya.

Pada matchday melawan Arema, Persipura tak diperkuat oleh Hilton Moreira, Ricardo Salampessy, dan Boaz Solossa. Peter menyebut tiga pemain itu cedera.

“Cedera, iya itu,” ujar pelatih asal Inggris itu.

Sejak babak pertama, Persipura hanya beberapa kali menciptakan peluang. Sebaliknya, Arema gencar menekan lawannya itu. Menurut Peter, hal itu terjadi karena para pemainnya tak fokus dalam bertanding.

“Banyak penonton yang hadir, memberi semangat. Main tidak bagus dan cenderung tak fokus,” tuturnya.

(mfi/mfi)