Bangkok – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Thailand 1-0 dalam Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Sang pelatih Fakhri Husaini mengungkap kunci kemenangan timnya.

Bermain di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (20/9/2017), Amanar Abdillah tampil sebagai pahlawan Indonesia. Amanar mencetak satu-satunya gol di pertandingan itu di menit 20, setelah menyelesaikan umpan silang Rendy Juliansyah.

“Saya bangga dengan hasil ini, pemain bisa memenangkan pertandingan,” kata Fakhri dalam rilis yang diterima detikSport. “Kami memang mengandalkan serangan balik karena kami tahu kami memiliki pemain yang memiliki kecepatan. Karena juga pemain thailand meninggalkan banyak lubang di pertahanan mereka. Jadi kita manfaatkan hal itu.”

“Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama yang datang langsung menyaksikan kami bermain di stadion rajamangala. Dukungan mereka sangat berarti bagi tim saya.”

Langkah mengejutkan dibuat Fakhri dengan menarik keluar Amanar dan Rendy saat jeda permainan. Amanar digantikan Amiruddin Bagus Alfikri sedangkan Rendy digantikan Hamsa Medari Lestaluhu.

“Amanar saya ganti menurut keterangan dokter mendapatkan sakit mata, dan mengakibatkan alergi. Saya sudah konsultasi dgn dokter, lalu melakukan pergantian dirinya dengan Bagus,” ungkap Fakhri.

“Rendy saya ganti karena saya perlu pemain yang kuat dalam menguasai bola,” dia menambahkan.

Kemenangan ini melebarkan peluang lolos Indonesia ke putaran final Piala Asia U-16. Indonesia kini memimpin klasemen Grup G usai mengoleksi 9 poin, unggul enam poin dari Thailand, Timor Leste, dan Laos. Untuk menjadi juara grup, Indonesia tinggal butuh minimal hasil imbang di laga terakhir melawan Laos, Jumat (22/9).

(rin/raw)