Yangon – Timnas Indonesia U-19 melenggang ke semifinal Piala AFF U-18 2017 usai mengalahkan Brunei Darussalam. Ini kata pelatih Indra Sjafri atas kesuksesan itu.

Dalam laga ketiga Grup B, Indonesia membantai Brunei 8-0 di Thuwunna Stadium, Yangon, Rabu (13/9/2017). Muhammad Rafli mencetak hat-trick, Egy Maulana dan Witan Sulamean masing-masing dua gol, dan satu gol lagi dicetak Hanis Saghara.

Indonesia pun lolos ke semifinal tanpa harus menunggu hasil laga lainnya. Gelontoran delapan gol itu membuat Indonesia mengunci setidaknya posisi runner-up Grup B.

Selepas pertandingan, Indra Sjafri mengucap syukur atas keberhasilan ini. Ia menjelaskan, sedari awal para pemain diminta tetap tenang.

“Alhamdulillah kami lolos semifinal tanpa menunggu hasil pertandingan Vietnam lawan Myanmar malam ini. Terimakasih kepada perjuangan para pemain dan doa bangsa Indonesia kepada kami,” Indra mengatakan dalam rilis yang diterima detikSport.

“Sejak awal saya tekankan anak-anak untuk bermain tenang, jangan terburu-buru dan tetap anggap Brunei sebagai lawan yang harus diwaspadai. Di babak kedua kami mengubah formasi menjadi 4-3-3, karena kita tarik Feby dan masukkan Saddil. Rafli kita ganti karena cedera,” Indra menambahkan.

Soal lawan yang akan dihadapi di semifinal, Indra mengaku tak masalah menghadapi Malaysia atau Thailand. Malaysia merupakan juara Grup A, sementara Thailand runner up-nya.

“Kami tak masalah menjadi juara grup atau runner-up nantinya. Terkait lawan antara Malaysia atau Thailand, kami juga sudah siap melawan siapa saja. Yang jelas tim ini masih ada kekurangan dan kami terus perbaiki,” Indra melanjutkan.

“Besok kami akan satu kali latihan jelang laga semifinal hari Jumat. Recovery pemain jadi perhatian kami karena jeda istirahat hanya satu hari. Kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U18 ini,” pelatih asal Sumatera Barat itu menjelaskan.

Bagi Indonesia, ini adalah pertama kalinya mereka melaju ke empat besar lagi pasca menjadi juara 2013 silam. Semifinal akan digelar pada Jumat (15/9).

(cas/krs)