Yangon – Thailand keluar sebagai juara Piala AFF U-18 2017. Itu setelah mereka mengalahkan Malaysia 2-0 lewat gol-gol di babak kedua.

Bermain di Stadion Thuwunna, Yangon, Minggu (17/9/2017) malam WIB, Malaysia dan Thailand saling bergantian menekan. Namun, kedua tim tak bisa melesakkan gol hingga turun minum.

Di awal babak kedua Thailand mengambil inisiatif serangan. Gol pun berhasil mereka lesakkan di menit ke-48 lewat Ekanit Panya.

Unggul satu gol tim besutan Marc Alavedra Palacios semakin gencar melakukan serangan. Alhasil, gol kedua lahir selang berjarak tiga menit dari gol pertama. Kritsada Kaman sukses menyundul bola ke dalam gawang lawan usai menyambut umpan dari tendangan bebas.

Malaysia kemudian mendapatkan posisi menguntungkan di menit ke-66. Thailand harus bermain dengan 10 pemain setelah Wudtichai Kumkeam mendapatkan kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain ternyata tak membuat Malaysia dengan mudah menggedor pertahanan Thailand. Alhasil hingga laga usai, skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan Thailand.

Dengan hasil ini, Thailand keluar sebagai juara untuk kelima kalinya (2002, 2009, 2011, 2015, dan 2017). Sementara itu, Malaysia untuk kelima kalinya gagal menjadi juara setelah kalah di final.

Di pertandingan sebelumnya, Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar 7-1 dalam perebutan tempat ketiga.

(raw/mfi)