Jakarta – Persija Jakarta punya dua kandidat pengganti Andritany Ardhiyasa. Syarat utamanya adalah penjaga gawang itu harus bermental baja.

Persija bakal menghadapi Home United pada leg 1 semifinal Piala AFC zona ASEAN di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5/2018). Mereka takkan diperkuat Andritany yang menjalani pemulihan usai operasi tulang penyangga mata yang retak.

Selama Andritany absen tiga bulan, Persija pun bakal mengandalkan Rizky Darmawan atau Daryono di bawah mistar.

Pelatih penjaga gawang Ahmad Fauzi mengungkapkan bahwa kedua penjaga gawang tersebut dalam kondisi bagus. Darmawan dan Daryono memiliki peluang yang sama untuk diturunkan.

“Secara keseluruhan dua penjaga gawang ini sudah siap untuk menggantikan Andritany yang terkena musibah kemarin. Untuk siapa nantinya bermain kita pantau terus. Dua-duanya sangat berpeluang tapi kita lihat kondisi terakhirnya hingga Senin nanti,” ujar Fauzi.

Darmawan dan Daryono sejauh ini memang belum diturunkan di Liga 1 maupun AFC 2018. Ini menjadi kesempatan pertama bagi mereka untuk tampil pada laga resmi berseragam Macan Kemayoran.

Meski kedua penjaga gawang cadangan itu dalam kondisi siap 100 persen, Fauzi menegaskan bahwa ada hal yang penting dalam memutuskan penjaga gawang pengganti Andritany. Mental menjadi pertimbangan utama.

“Untuk menentukan penggantinya semua aspek juga kami lihat diantaranya teknik, fisik dan pastinya mental. Apalagi ini AFC, kami main di luar. Penjaga gawang yang memiliki mental yang terbaik dan memiliki psikologis bagus dipastikan akan jadi penjaga gawang utama di laga ini,” sambungnya.

Fauzi mengaku penunjukan pemain adalah melalui proses pembicaraan dari tim pelatih. Dia hanya berharap siapa pun yang diturunkan bisa menampilan permainan terbaiknya.

“Sekali lagi saya tidak bisa bilang sekarang juga karena akan mempengaruhi psikologis dari dua penjaga gawang ini. Saya selalu bilang walaupun andritany penjaga gawang utama kalian bukan berarti jauh dari Andritany dan kalian bisa.”

“Secara materi dan seluruhan teknik mereka berdua sama cuma kesempatan belum ada. Nah Andritany sudah menunjukkan kapasitasnya momen diberikan kesempatan. Kini giliran mereka diberikan kesempatan maka harus buktikan,” tuntasnya.

(ads/mrp)