Jakarta – Pertandingan ujicoba timnas Indonesia melawan Kamboja ternyata tidak masuk dalam kalender FIFA.

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017) ini.

Kamboja jadi lawan pengganti karena sebelumnya Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan Mauritania. Jadwal tanding dengan Mauritania ketika itu sudah masuk FIFA dan tercantum di situs resmi mereka.

Pergantian dari Mauritania ke Kamboja tersebut menjadi penyebab laga timnas Indonesia tidak akan masuk hitungan poin FIFA.

“Awalnya timnas akan melawan Mauritania pada jadwal FIFA match day. Kami juga sudah kirimkan datanya untuk registrasi ke FIFA,” ujar Direktur Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo.

“Namun ternyata Mauritania membatalkannya. Makanya kami mencari lawan lain dan mendapatkan Kamboja, tapi tidak ada Respon dari FIFA,” tambahnya.

Dalam situs resmi FIFA, laga terakhir Timnas Indonesia yang masuk dalam kalender FIFA adalah saat menjamu Puerto Riko di Sleman pada 13 Juni lalu. Itu artinya, laga melawan Fiji pada 2 September lalu tak diakui juga oleh FIFA.

Indonesia saat ini duduk di ranking 169 dunia. Di Asia Tenggara, cuma Kamboja (172) dan Brunei Darussalam (186) yang punya ranking lebih rendah. Sementara Mauritania yang sebelumnya dijadwalkan berhadapan dengan Indonesia afda di urutan 98.

(ads/din)