London – Arsene Wenger akan meninggalkan The Gunner akhir musim ini. Banyak manajer yang dihubungkan dengan Gunners, tapi Mikel Arteta dianggap sebagai sosok yang tepat.

Wenger mutakhir saja menjalani laga terakhirnya di Emirates ketika The Gunner membantai Burnley 5-0 akhir pekan lalu. Melewati 22 tahun memimpin The Gunner, manajer asal Prancis itu akhirnya memutuskan pergi.

Spekulasi akan pengganti Wenger belakangan menyeruak. Beberapa nama besar dihubungkan dengan Gunners mulai dari Luis Enrique, Massimiliano Allegri, Zeljko Buvac, dan mantan kapten The Gunner Arteta.

Arteta kini bekerja dengan Josep Guardiola sebagai asisten manajer di Manchester City. Menurut mantan pemain The Gunner Djohan Djourou, Arteta memiliki mental yang sudah teruji.

“Sangat sulit mengetahui The Gunner memiliki manajer yang memimpin sangat lama dan bekerja sangat baik. Mungkin beberapa tahun terakhir memang tak sukses, tapi apa yang dia bawa termasuk mentalitas untuk klub, saya pikir Anda tak bisa menggantikan apa yang telah dia lakukan,” ungkap Djourou kepada Omnisport.

“Bagi saya ini adalah awal mutakhir, era mutakhir, start mutakhir. Saya pikir jika ingin memulai sesuatu yang mutakhir, mereka harus memilih seseorang yang masih muda, memiliki filosofi dan pemikian yang baik pula. Saya tak tahu sangat sulit memperkirakannya.”

“Allegri punya pengalaman yang baik. Luis Enrique juga. Tapi mungkin saya melihat sosok seperti Arteta (yang pas). Mungkin. Karena dia adalah asisten Guardiola sehingga punya mentalitas sepakbola yang baik dan juga sempat bermain dengan The Gunner. Tapi, saya tak tahu. Saya pikir akan ada putusan seiring berjalannya waktu, dan banyak sosok dengan pemikiran hebat yang bisa mengangkat tim ini di masa depan,” kata Djourou.

(rin/raw)