Manchester – Produktivitas yang tinggi bukan satu-satunya fokus Manchester City di musim ini. The Citizens juga ingin jadi tim yang solid dalam bertahan.

City menjelma sebagai tim dengan lini serang yang cukup menakutkan di musim ini. Dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, Sergio Aguero dkk. menghasilkan 24 gol. Di Premier League, City jadi tim paling produktif dengan 21 gol dari enam laga.

Tapi bukan cuma lini depan saja yang mengesankan. Performa barisan pertahanan City juga mencuri perhatian. Di Premier League, mereka baru kebobolan dua gol. Secara keseluruhan, dari sembilan laga yang sudah dijalani di semua kompetisi, City sudah enam kali mencatat clean sheet.

Clean sheet diakui bek City John Stones menjadi salah satu target besar timnya di musim ini. Kepuasan menjaga gawang dari kebobolan disebut Stones sama besarnya dengan keberhasilan mencetak banyak gol.

“Ketika kami menang dan mencetak gol dan tidak kebobolan itu selalu membantu. Dari sudut pandang saya, dan untuk empat bek dan kiper, tidak kebobolan sudah jadi target besar dan pertahanan kami solid di Premier League dan Liga Champions,” Stones mengatakan seperti dikutip Sky Sports.

“Sekarang ini adalah soal melanjutkannya. Ini adalah hal besar untuk saya dan sama memuaskannya dengan para pemain depan mencetak banyak gol.”

Untuk minimnya gol yang bersarang di gawang City, Stones memberikan pujian kepada Ederson. Meski baru bergabung, Ederson dinilai mampu beradaptasi dengan baik.

“Pujian untuknya. Tidak mudah datang dari negara lain. Saya tidak akan mengetahuinya, tapi dari bicara dengan anak-anak di masa lalu yangdatang ke Premier League, ini adalah budaya yang berbeda, bahasa yang berbeda, dan dia beradaptasi dengan cepat,” Stones mengatakan.

“Dia bicara kepada kami di atas lapangan. Dia orang yang vokal dan keberadaannya terasa, ini kredit untuknya.”

(nds/din)