London – Manchester City masih lapar kemenangan meski sudah dipastikan menjuarai Premier League. City unggul telak 4-1 ketika bertandang ke markas West Ham United.

Manyambangi London Stadium, Minggu (29/4/2018), City yang menguasai jalannya permainan sejak awal hingga akhir menang 2-1 di babak pertama. Gol Leroy Sane di menit ke-13 dan gol bunuh diri Pablo Zabaleta di menit ke-27 dibalas West Ham melalui tendangan bebas Aaron Cresswell di menit ke-42.

Pada paruh kedua, City mencetak dua gol tambahan. Gol Gabriel Jesus di menit ke-53 dan Fernandinho di menit ke-64 memantapkan kemenangan tim tamu.

Dari kemenangan ini, City mengumpulkan 93 poin dari 35 matchday, menang 19 poin atas Red Devils yang berada di urutan kedua. Sementara itu, West Ham terpuruk di peringkat ke-15 dengan 35 poin.

Jalannya Matchday

City mendominasi total permainan sejak awal laga. Akan tetapi, karena rapatnya benteng West Ham, City cuma banyak mengoper bola dalam sepuluh menit pertama tanpa sekali pun melepaskan tembakan.

Tembakan pertama City pada laga ini, yang terjadi pada menit ke-13, langsung berbuah gol. Sane menguasai bola di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan. Tembakannya mengenai kepala Patrice Evra dan berubah arah. Hal ini memperdaya penjaga gawang West Ham, Adrian, yang cuma bisa tertegun melihat gawangnya bergetar. City memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-27, Raheem Sterling lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan dengan Adrian. Akan tetapi, tembakan Sterling diblok oleh pemain bertahan West Ham.

Beberapa detik kemudian, keunggulan City bertambah menjadi 2-0. Zabaleta membuat gol bunuh diri ketika dia salah mengantisipasi umpan silang dari Kevin De Bruyne.

City berpeluang mencetak gol ketiga di menit ke-35. Gabriel Jesus merebut bola di sisi kiri benteng West Ham dan mencoba menusuk ke kotak penalti. Tapi, bola lepas dari kaki striker asal Brasil itu dan dikuasai Sane. Sane mencoba mencetak gol, tapi digagalkan oleh Adrian.

West Ham menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-2 lewat gol Cresswell. Cresswell mengoptimalkan sebuah tendangan bebas untuk menjebol gawang City. Tembakannya melengkung melewati pagar hidup pemain City dan tak bisa dijangkau oleh Ederson.

Percobaan De Bruyne pada menit ke-43 tak berbuah gol. Tembakan jarak jauhnya bisa diamankan oleh Adrian. Percobaan lainnya dari De Bruyne di injury time babak pertama juga tak mengubah keadaan karena tembakannya masih sedikit melambung.

Peluang terakhir City di babak pertama didapatkan oleh Sterling. Tapi, sepakan kerasnya dimentahkan oleh Adrian.

City mencetak gol ketiganya momen matchday memasuki menit ke-53 lewat gol Gabriel Jesus. Gol ini diawali umpan terobosan Gabriel Jesus kepada Sterling, yang menusuk ke kotak penalti. Sterling kemudian mengoper kepada Gabriel Jesus yang muncul dari belakang. Gabriel Jesus dengan mudah mencetak gol dari jarak dekat karena tinggal menghadapi Adrian.

Berselang lima menit, City meminta penalti setelah Sterling dijatuhkan oleh Cresswell. Namun, wasit Neil Swarbrick tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Hal ini membuat Sterling terlihat begitu kesal.

City kemudian mengancam lagi. Sterling menusuk ke kotak penalti dan menyumbang bola kepada De Bruyne, tapi pemecahan De Bruyne tak menemui sasaran.

Sterling membuang sebuah kesempatan emas di menit ke-61. Dia tinggal berhadapan dengan Adrian setelah mendapatkan umpan terobosan dari Gabriel Jesus, tapi penyelesaiannya cuma mengenai kaki penjaga gawang West Ham itu.

Tiga menit kemudian, City mengubah skor menjadi 4-1 melalui gol Fernandinho. Fernandinho merebut bola di lini tengah dan kemudian mengoperkannya kepada Sterling yang berada di kotak penalti. Sterling lantas mengembalikannya kepada Fernandinho, yang menyambar bola dengan tembakan keras ke dalam gawang.

Di sisa waktu, City mendapatkan beberapa peluang lainnya. Tapi, tak satu pun peluang itu yang berujung gol tambahan.

Susunan Pemain
West Ham United: Adrian, Ogbonna, Rice, Cresswell, Zabaleta, Noble, Kouyate, Evra (Masuaku 66′), Fernandes (Joao Mario 65′), Lanzini (Chicharito 66′), Arnautovic

Manchester City: Ederson, Walker (Danilo 61′), Otamendi, Laporte, Delph, Fernandinho, Guendogan (Yaya Toure 71′), De Bruyne, Sterling, Sane, Gabriel Jesus (Nmecha 79′)

(mfi/raw)