Manchester – Manchester City baru saja menyamai sebuah rekor Premier League, usai mengatasi West Ham United. City merangkai kemenangan terpanjang dalam semusim.

City memperpanjang laju tak terkalahkannya di Premier League usai mengandaskan West Ham 2-1 di Etihad Stadium, Minggu (3/12/2017) malam WIB. Hasil itu berarti The Citizens belum terkalahkan di 15 pekan pertama musim ini, memetik 14 kemenangan dan satu hasil imbang.

Dari 14 kemenangan itu, 13 di antaranya dipetik secara beruntun sampai saat ini. Catatan itu sudah membuat anak-anak asuh Pep Guardiola tersebut menyamai sebuah rekor rangkaian kemenangan terpanjang dalam satu musim.

Opta mencatat hanya ada empat tim yang bisa merangkai 13 kemenangan beruntun dalam semusim di level teratas kompetisi Inggris. Mereka adalah Sunderland dan Preston pada musim 1891/1892 alias di beberapa tahun pertama kompetisi Liga Inggris lahir, serta Arsenal pada 2001/2002 dan Chelsea pada 2016/2017.

Menariknya, City kini punya kesempatan untuk mengukir rekor baru di laga besar melawan Manchester United pekan depan. Memenangi laga tersebut tak cuma menang gengsi derby dan menegaskan dominasi di persaingan gelar musim ini, melainkan juga mencatatkan rekor baru.

Catatan positif juga ditulis sejumlah pemain City usai laga melawan West Ham. Kevin de Bruyne misalnya, dicatat Opta menjadi pemain dengan assist terbanyak di lima liga top Eropa, semenjak debut dengan City pada September 2015 silam.

De Bruyne sudah menciptakan 35 assist sejak saat itu, jumlah terbanyak di Liga Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis. Sementara itu, Gabriel Jesus rupanya tak mau kalah.

Dalam 24 penampilan Premier League terakhirnya, Jesus sudah terlibat langsung dalam terciptanya 21 gol. Jesus bikin 15 gol dan enam assist.

Dari lini belakang, ada nama Nicolas Otamendi. Otamendi memang seorang bek, tapi sudah mengantongi tiga gol dalam 10 penampilan teranyar di Premier League. Jumlah itu sudah lebih banyak dari golnya di 64 pertandingan liga sebelumnya.

(raw/nds)