Manchester – Manchester City memang melaju paling depan di Premier League musim ini. Tapi, ada yang membuat kurang puas sang manajer, Pep Guardiola.

City menguasai puncak papan klasemen dengan nilai 16 dan surplus 19 gol pada pekan keenam Premier League. City menuai lima kemenangan dan satu kali imbang.

Bahkan, The Citizens berhasil menuai kemenangan-kemenangan besar belakangan. Mereka berhasil menghantam Liverpool 5-0, kemudian berlanjut menang atas Watford dengan skor telak 6-0. Terbaru, Sergio Aguero dkk. mengalahkan Crystal Palace 5-0 di Etihad Stadium, Sabtu (23/9/2017).

BBC menyebut kemenangan lebih dari lima gol atau lebih dalam tiga pertandingan liga kasta teratas beruntun itu mengulang sejarah yang dibuat Blackburn di musim 1958/1959. Selain itu, City sekaligus menunjukkan koleksi gol tertinggi dalam enam pertandingan pertama (21 gol). Sejauh ini, gawang City baru kebobolan dua gol.

Guardiola minta agar para pemainnya tak mengendur. Sebab, laju itu tak sebaik awal musim lalu dengan enam laga selalu menang.

“Poin kami menurun ketimbang musim lalu, tapi saya bisa mencetak gol lebih banyak. Kali ini, kami juga kebobolan lebih sedikit ketimbang kemarin,” kata Guardiola seperti dikutip BBC.

Catatan oke lain dicatat CIty setelah kemenangan atas Palace dengan David Silva tercatat sebagai pemain yang berkontribusi besar dalam gol-gol City ke gawang Palace. Statistik menunjukkan kalau dia berperan dalam terciptanya tujuh gol dari enam laga City dengan Palace (empat gol dan tiga assist).

Jika City mencatatkan statistik oke, sebaliknya apes bagi Palace. Dari pertandingan itu, Palace menjadi satu-satunya tim di antara lima kompetisi Eropa yang belum mencetak gol sebiji pun di liga.

(fem/krs)