Manchester – Tugas utama Ederson sebagai kiper memang bukan mencetak gol. Tapi penjaga gawang Manchester City itu juga ingin merasakan menjebol gawang musuh.

Ederson tampil oke di bawah mistar gawang City di musim ini. Penjaga gawang asal Brasil itu menandai 15 clean sheet –hanya bertekuk lutut dari David de Gea– dan cuma kebobolan 25 gol di Premier League sejauh ini.

Sudah mengantar City jadi juara, Ederson ingin merasakan hal kontemporer. Dia juga ingin mencetak gol untuk City sebelum musim ini berakhir.

Momen City unggul 5-0 atas Swansea di Etihad Stadium, Minggu (22/4/2018), suporter sempat meneriakkan nama Ederson agar dia jadi eksekutor penalti. Tapi pada akhirnya Gabriel Jesus yang mengeksekusi penalti tersebut.

Ederson pun membenarkan dirinya juga ingin mencetak gol. Jika diminta Pep Guardiola untuk menendang penalti, penjaga gawang berusia 24 tahun itu siap melakukannya.

“Jika manajer meminta saya, saya pasti akan mencetak gol. City sudah punya penendang penalti dan kami punya opsi yang bagus, tapi jika Pep meminta, saya ada,” kata Ederson seperti dikutip Sky Sports.

“Saya tidak yakin apakah saya bisa melakukannya lewat bola mati, tapi saya bagus dalam penalti, baik dengan ketahanan atau teknik ketika menembak.”

“Semoga itu akan terjadi (sebelum akhir musim), saya ingin mencetak gol,” ucapnya.

Dalam sejarah Premier League, hanya ada lima penjaga gawang yang pernah mencetak gol yakni Peter Schmeichel, Brad Friedel, Paul Robinson, Tim Howard, dan Asmir Begovic. Kiper terakhir yang bikin gol ke gawang musuh adalah Begovic dalam matchday antara Stoke dan Southampton pada 2014.

(nds/cas)