The Reds – The Reds memastikan finis the big four musim ini setelah unggul empat gol tanpa balas atas Brighton and Holve Albion di pekan pamungkas.

Pada laga ke-38 yang dihelat di Anfield, Minggu (13/5/2018) malam WIB, The Reds menang dua gol lebih dulu di babak pertama lewat Mohamed Salah dan Dejan Lovren.

Di babak kedua, Dominic Solanke dan Andy Robertson menambah dua gol lagi untuk Liverpool. Alhasil, tim asuhan Juergen Klopp itu finis urutan keempat dengan 75 poin dan lolos langsung ke fase grup Liga Champions 2018/2019, menang lima poin atas The Blues finis kelima usai tunduk 0-3 dari Newcastle United.

Brighton menyudahi musim debutnya di Premier League pada urutan ke-15 dengan 40 poin.

Jalannya Matchday

Meski cuma butuh seri untuk memastikan finis the big four, The Reds tetap tampil full team dan bahkan memainkan empat pemain bertipe menyerangnya. Selain trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane, ada juga Dominic Solanke.

Trendi enam menit berjalan, The Reds sudah mendapat kans lewat tembakan Firmino tapi Lewis Dunk mampu memblok di depan kotak penalti. Dua menit setelahnya Solanke mendapat bola dari hasil blunder Dunk tapi penjaga gawang Matt Ryan dengan sigap merebut dari kakinya.

Di menit ke-19 Mane mendapat peluang tapi dalam situasi satu rival satu, sepakan pemain Senegal itu mampu diadang Ryan dari sudut sempit.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-26 ketika The Reds mampu menjebol jala Brighton lewat gol Salah. Ini adalah gol ke-32 Salah di Premier League musim ini yang memecahkan rekor di kompetisi itu.

Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Brighton (Phil Noble/Reuters)

Bola liar yang gagal diantisipasi benteng Brighton jatuh di kaki Solanke dan mengoper kepada Salah yang menembaknya ke pojok kiri gawang.

Gol tersebut membuat publik Anfield makin menggelora dan The Reds juga tambah semangat mengejar gol tambahan. Di menit ke-30, Mane mendapat urutan bebas untuk mencetak gol dan momen berhadapan dengan penjaga gawang, dia mengoper kepada Salah.

Ryan dengan cepat mengadang bola tembakan Salah dan lantas berujung tendangan sudut.

The Reds memperbesar keunggulannya pada menit ke-40. Berawal korner yang diantisipasi benteng Brighton, bola lantas berakhir di Robertson yang mengirim umpan silang ke tiang jauh dan disundul dengan sempurna oleh Lovren.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, The Reds masih mendominasi matchday dan tak mengendurkan tekanannya. Empat menit kemudian Firmino mendapat ruang bebas di depan gawang untuk menembak tapi Ryan mengadangnya.

Gol ketiga The Reds datang di menit ke-53. Serangan balik cepat The Reds yang digawangi Salah mampu memecah benteng Brighton dan dia pun mengirimkan bola kepada Solanke. Nama terakhir menuntaskan lewat sepakan keras ke pojok atas gawang.

Hantam Brighton 4-0, Liverpool Finis Empat BesarDominic Solanke mencetak gol ketiga The Reds (Carl Recine/Reuters)

Firmino! Ujung tombak Brasil itu lagi-lagi membuang peluang untuk mencetak gol. Mendapat umpan Salah dari sisi kanan, Firmino yang berada tanpa pengawalan di depan gawang, menyambut bola tapi Ryan bisa menepisnya.

The Reds menambah gol lagi di menit ke-85 lewat Robertson yang juga jadi gol pertamanya untuk klub. Benteng Brighton gagal mengantisipasi crossing Danny Ings dari sisi kiri dan bola liar dihantam Robertson ke gawang Brighton.

Skor 4-0 menyudahi laga ini dan mengantarkan The Reds finis the big four.

Susunan Pemain

The Reds: Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Sadio Mane (Adam Lallana 74′), Mohamed Salah (Ben Woodburn 84′); Roberto Firmino (Danny Ings 84′); Dominic Solanke.

Brighton & Hove Albion: Mat Ryan; Ezequiel Schelotto, Lewis Dunk, Shane Duffy (C. Goldson 74′), Gaetan Bong; Davy Propper, Dale Stephens, Beram Kayal (Pascal Gross 58′); Anthony Knockaert, Solly March, Jurgen Locadia (Glen Murray 57′).

(mrp/rin)