Jakarta – Di antara pelatih top yang pernah ditemui Arsene Wenger, Jose Mourinho jadi semacam kutukan untuk si profesor. Wenger bertekuk lutut telak dari orang Portugal itu.

Ada banyak cerita menarik dari rivalitas Wenger dengan Mourinho. Tapi kalau tentang rekor pertemuan di atas lapangan, salah satu pihak lebih dominan dibanding yang lain.

Menurut data Transfermarkt, Jose Mourinho menang telak dalam rekor head to head atas Wenger. Di kompetisi apapun, Mourinho lebih sering menjadi pemenang.

Sejak pertama saling berhadapan di 2004, Mourinho dan Wenger sudah bertemu 18 kali. Dari jumlah tersebut Wenger cuma kebagian dua kemenangan. Sementara Mourinho meraih sembilan kemenangan, sementara tujuh laga lainnya berakhir sebanding.

Wenger kontemporer mengecap kemenangan pertama atas Mourinho di 2015, momen The Gunner menundukkan The Blues di Community Shield. The Gunners unggul 1-0 ketika itu.

Sementara kemenangan kedua datang pada Mei 2017. Bermain di Emirates Stadium, The Gunner unggul 2-0 di kompetisi Premier League.

Kekalahan terbesar Wenger atas Mourinho adalah dengan skor 6-0. Di Premier League 2013/2014 ketika itu, The Gunner luluh lantak di Stamford Bridges melalui gol-gol yang dilesakkan Samuel Eto’o, Andre Schurrle, Eden Hazard, Oscar (2 gol) dan Mohamed Salah.

Head to head Mourinho vs Wenger

Wenger Unggul 2
Setara 7
Mourinho Unggul 9

(din/mrp)