London – David De Gea modis saja meraih Sarung Tangan Emas, penanda penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak di Premier League 2017/2018. Ini kata penjaga gawang Red Devils itu mengenai Golden Glove pertamanya.

MU membawa pulang skor 0-0 usai dijamu West Ham United, Jumat (11/5/2018) dini hari WIB. Hasil itu membuat De Gea sudah menorehkan 18 clean sheet di Premier League musim ini.

Musim Premier League memang masih menyisakan satu pekan lagi, tapi De Gea sudah dipastikan tak terlampaui jumlah clean sheetnya. Kiper asal Spanyol berusia 27 tahun itu pun meraih Golden Glove Premier League pertamanya sejak membela MU pada 2011.


“Rasanya menyenangkan, ini merupakan Sarung Tangan Emas yang pertama buat saya,” kata De Gea kepada MUTV.

“Saya amat bersyukur atas penghargaan ini. Artinya kami sudah bertahan dengan baik di liga. Saya bergembira untuk diri sendiri dan juga tim.”

“(Penghargaan) ini buat kami semua, ini merupakan penghargaan untuk tim, bukan cuma penjaga gawang seorang. Ini tentu bagus buat saya, tapi saya juga bergembira untuk tim,” tuturnya.

Pernyataan serupa dilontarkan oleh Manajer MU Jose Mourinho. Menurutnya semua pemain ikut berperan dalam keberhasilan De Gea meraih penghargaan tersebut.

“David sudah tampil luar biasa. Tapi Sarung Tangan Emas adalah (penghargaan) mengenai tim dan bukan tentang analisis tertentu ke penjaga gawang untuk menentukan siapa yang terbaik di Premier League,” katanya.

“(Penghargaan) ini adalah mengenai clean sheet dan itu berkaitan dengan tim. Tentu saja kami semua amat bergembira untuk David dan itu merupakan sebuah pencapaian bagus buat tim,” ucap Mourinho.

(krs/fem)