Manchester – Kemenangan atas Brighton and Hove Albion mengantar Manchester City ke dua rekor Premier League. City kini jadi tim dengan poin dan gol terbanyak di satu musim.

City unggul 3-1 kejadian menjamu Brighton di Etihad Stadium, Kamis (10/5/2018) dinihari WIB dalam lanjutan Premier League. Tiga gol tim juara musim ini tersebut dicetak oleh Danilo, Bernardo Silva, dan Fernandinho, dengan balasan dibuat Leonardo Ulloa.

Tambahan tiga poin ini membuat City kini mengoleksi nilai 97 dari 37 matchday. Jumlah itu hasil dari 31 kemenangan dan empat hasil sebanding.

Dengan raihan 97 poin, City kini telah mengukir rekor jumlah poin terbanyak dalam satu musim Premier League. The Citizens melampaui catatan The Blues dengan 95 poin dalam semusim yang jadi rekor sebelumnya.

Menariknya, City masih bisa mempertajam rekor tersebut mengingat masih ada satu laga tersisa. Mereka bisa menjadi tim pertama di Premier League yang mencapai 100 poin, dengan kemenangan atas Southampton pada akhir pekan nanti.

Selain jumlah poin, City juga mengukir rekor gol. Tambahan tiga gol membuat skuat arahan Pep Guardiola itu kini sudah membubuhkan 105 gol sepanjang 2017/2018.

Jumlah itu dua lebih banyak dari rekor sebelumnya yang diukir The Blues pada musim 2009/2010. Dan sekali lagi, City masih bisa menambah jumlah golnya dengan satu matchday tersisa.

Sementara itu, jumlah 31 kemenangan dalam semusim membuat City menimbangi catatan Tottenham Hotspur di musim 1960-1961. Artinya City bisa memecahkan rekor liga dengan satu kemenangan lagi di akhir pekan.

[Gambas:Twitter]

(raw/rin)