London – Arsenal mesti bangkit usai menderita kekalahan telak di markas Liverpool. Misi itu diadang tantangan besar terkait serangkaian insiden di jeda internasional.

Akhir pekan ini, Arsenal akan menjamu Bournemouth dalam laga di Stadion Emirates, Sabtu (9/9/2017) malam WIB. Kedua tim sama-sama sedang dalam laju negatif: Arsenal dua kali kalah beruntun, termasuk ketika hancur di Anfield 0-4 sementara Bournemouth justru belum kunjung meraih angka.

Arsenal didukung rekor oke melawan The Cherries. Dalam empat pertemuan mereka, pasukan Arsene Wenger itu tidak terkalahkan dengan tiga kemenangan dan sekali imbang. Sedangkan duel terakhir di London Utara berakhir dengan kemenangan Arsenal 3-1.

Meski begitu, Arsenal tengah tidak dalam situasi yang ideal. Arsenal tidak memaksimalkan bursa transfer untuk memperkuat diri usai hanya mendatangkan bek Sead Kolasinac dan Alexandre Lacazette, dan kehilangan Gabriel Paulista, Kieran Gibbs, dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Selain itu, Alexis Sanchez juga tidak dalam kondisi prima. Sanchez diyakini tengah frustrasi karena gagal pindah ke Manchester City dan kritik tajam yang diterimanya usai timnas Chile memperoleh hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bintang Arsenal lainnya, Mesut Oezil berseteru dengan pemain legendaris klub Ian Wright di media sosial. Kendati demikian, Wenger menuntut pasukannya fokus demi meraih tiga angka saat melawan Bournemouth.
“Kalau Anda (media) bertanya kepada saya apakah saya menderita dari performa semacam itu (melawan Liverpool), sudah jelas. Sayang sekali itu adalah bagian dari karier dan Anda secara ideal ingin tim Anda tampil di level teratas. Kami harus bermain tiga pertandingan dan kami masih punya 35 pertandingan lainnya, dan kami punya kualitas untuk merespon,” Wenger berujar sebagaimana dikutip BBC Sport.

“Krisis apa? Penting untuk fokus pada apa yang ada di depan Anda, tapi setiap kekalahan memang sebuah krisis bukan?”

“Bukan sebuah waktu yang bagus untuk menghadapi tim mana pun. Sekarang waktunya bagi kami untuk fokus pada penampilan kami. Kami akan mendapatkan kembali poin-poin yang hilang di luar kandang. Penting untuk mengambil perpsektif lain.”

(rin/krs)