Liverpool – Rickie Lambert mengucapkan salam perpisahan kepada sepakbola. Striker berkebangsaan Inggris itu resmi gantung sepatu.

Pemain 35 tahun itu terakhir kali berkarier di tim Championship Cardiff City. Setelah kontraknya tak diperpanjang Juli lalu, Lambert lantas menganggur dan tak mendapat klub baru lagi. Alhasil, Lambert pun memutuskan untuk mundur dari dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut.

“Saya merasa beruntung bisa selama ini berkarier di olahraga ini,” ujar Lambert seperti dilansir Soccerway.

“Saya mengalami naik-turun dalam karier saya tapi membela klub-klub seperti Southampton, Liverpool, serta bermain untuk negara saya di Piala Dunia itu tidak pernah terbayangkan sebelumnya,” sambung pemain yang tampil di Piala Dunia 2014 itu.

“Momen profesional terbaik saya adalah bermain serta mencetak gol untuk Inggris. Saya akan selalu mengenang itu dari segala aspek terkait bagaimana cara saya mendapatkannya.”

“Saya ingin berterima kasih kepada seluruh fans klub tempat saya bermain tapi khususnya untuk Southampton di mana saya menjalani musim-musim terbaik sebagai pesepakbola serta punya hubungan spesial dengan seluruh orang di klub itu.”

Lambert memulai kariernya pada 1992 setelah menghabiskan usia mudanya di akademi Liverpool. Sayangnya, dia tidak pernah bermain di tim senior The Reds dan justru memulainya bersama klub-klub kecil seperti Blackpool, Macclesfield Town, Stockport Country, Rochdale, dan Bristol Rovers.

Karier Lambert baru bersinar setelah membela Southampton pada 2009 dan membawa klub itu promosi pada musim 2012/2013. Selama membela Soton, Lambert punya 117 gol dari 235 penampilan.

Performa apik itu membawanya kembali ke Liverpool pada 2014. Namun, kariernya berakhir pahit karena Lambert cuma bikin tiga gol dari 36 penampilan. Dia kemudian dilepas ke West Bromwich Albion setahun kemudian.

Setelah bermain di sana selama dua musim, Lambert terakhir kali memperkuat Cardiff di level Championship tapi hanya bikin empat gol dari 19 penampilan.

“Terima kasih untuk seluruh pemain yang pernah seklub dan juga manajer yang pernah melatih selama karier saya. Sebuah kehormatan bisa bekerja bareng Anda semua,” tutup Lambert yang punya 11 caps dan tiga gol bersama timnas Inggris itu.

(mrp/mfi)