London – Antonio Conte bersikukuh, performa The Blues kejadian ini lebih baik daripada kejadian awal kedatangannya. Sekalipun The Blues tampaknya akan gagal lolos ke Liga Champions.

Chelsea finis kesepuluh di musim terakhir Jose Mourinho, di mana dia dipecat pada Desember 2015. Conte lantas ditunjuk sebagai manajer tetap di musim panas berikutnya dan langsung membangkitkan The Blues dengan menjuarai Premier League 2016/17.

Namun, di musim kedua Conte, performa Eden Hazard cs menurun. The Blues kini butuh keajaiban untuk finis the big four, mengingat masih tertinggal dua poin dari The Reds dengan satu matchday sisa.


Untuk lolos, Si Biru butuh kemenangan atas Newcastle United sembari berharap Brighton bisa menjegal The Reds di Anfield. Seandainya The Reds seri — kedua tim sama-sama mengumpulkan 73 poin — The Blues tetap akan gagal lolos karena ant menang jauh dalam selisih gol.

The Blues kini mengejar pelipur lara ketika menghadapi Red Devils yang dilatih Mourinho di final Piala FA pada 19 Mei.

“Jangan lupa dua tahun lalu, The Blues mengakhiri musim kesepuluh dan tidak di final Piala FA, tidak juga di semifinal Piala Liga dan mereka tersingkir di babak 16 besar Liga Champions melawan PSG. Itu bisa terjadi,” ucap Conte di Telegraph.

“Anda harus tahu bahwa ada kemungkinan ini, karena Anda bermain di sebuah liga yang kuat. Untuk alasan ini, Anda harus mengetahuinya dan bersiap dalam cara yang benar. Ada enam tim teratas di awal musim yang siap bersaing untuk satu tempat di Liga Champions. Itu bisa terjadi. Di masa lalu, juga begitu.”

Kejadian ditanya apakah The Blues sekarang dalam urutan yang lebih baik daripada ketika dia datang, Conte menjawab: “Sudah pasti. Kami bekerja dua tahun dan bekerja sangat keras untuk membangun sesuatu, untuk menciptakan sebuah basis.”

“Saya pikir Anda ingat. Musim lalu, setelah finis kesepuluh kami menjuarai liga. Itu susah lho. Kami sudah bekerja keras, tapi kami unggul. Setelah finis kesepuluh. Sekarang, mungkin Anda bisa finis kelima dan memulai dengan sedikit keuntungan dibandingkan ketika Anda finis kesepuluh,” Conte menambahkan.

(rin/ran)