London – Arsene Wenger bukan hanya mempersembahkan trofi untuk The Gunner karena dia sudah mengubah sepakbola di Inggris. Si Profesor adalah manajer terbaik yang pernah dipunya The Gunners.

Arsene Wenger dan The Gunner sudah terlanjur menjadi satu kesatuan. Datang ke Highbury di tahun 1996, pria asal Prancis itu berkontribusi luar biasa besar dengan membangun dinasti The Gunner.

Tak hanya tentang 17 trofi yang sudah diberikan, tapi juga soal filosofi permainan, pengembangan pemain muda, menu makan, hingga kedisiplinan yang dia tanamkan di dalam skuat.

Banyak kritik datang ke Wenger dalam beberapa tahun ke belakang seiring kegagalan The Gunner meraih trofi besar. Tapi, mantan asisten Wenger, Pat Rice, menganggap Wenger tetap yang terbaik. Wenger disebutnya berhasil mengubah pandangan sepakbola di Inggris.

“Di mata saya, Wenger adalah manajer terbaik The Gunner yang pernah ada. Melihat bagaimana dia bekerja, bagaimana dia memperlakukan orang di sekitarnya dengan respek. Ia juga selalu memperhatikan staf, seorang manajer yang luar biasa,” ujar Pat Rice kepada Sky Sports.

“Semua yang dia lakukan berdasarkan penelitian. Ketika dia datang ke klub, semua rancangan latihan sangat tertata dengan benar. Dia mengubah makanan dan minuman untuk pemain. Soda dan jeruk serta hal lain tak boleh dikonsumsi.”

“Rencana yang dia pikirkan benar-benar spesial. Dia mengubah pikiran banyak orang di Inggris tentang sepakbola. Tak ada yang meragukan itu,” lanjut Rice.

(din/din)