Madrid – Cristiano Ronaldo boleh jadi pemain yang cukup sering menjebol gawang Gianluigi Buffon. Tapi, bukan Ronaldo pemain yang bikin Buffon takut. Siapa dia?

Buffon sudah dua dekade lebih berkarier sebagai penjaga gawang. Dimulai dari Parma, Buffon makin menajamkan kariernya bersama Juventus sejak 2000 hingga saat ini.

Di usia yang bakal menginjak 40 tahun 2018 nanti, Buffon masih tampil prima di bawah mistar dan belum ada yang bisa menggesernya. Selama kariernya di lapangan hijau, tentu sudah banyak pemain yang pernah dihadapi Buffon.

Beberapa pemain bahkan pernah jadi mimpi buruk untuk Buffon seperti halnya penyerang Inter Milan Mauro Icardi di level Serie A yang sudah mencetak lebih dari lima gol atau striker Real Madrid Ronaldo, yang selalu jadi mimpi buruk Buffon di Liga Champions.

Tapi bagi Buffon, pemain paling hebat yang pernah dihadapi selama kariernya adalah Ronaldo Luis Nazario Da Lima. Penyerang legendaris Brasil yang pernah memperkuat sejumlah klub top Eropa termasuk Inter serta AC Milan.

Dalam beberapa kesempatan, Buffon tentu pernah menghadapi Ronaldo dan merasakan kehebatan pemain asal Brasil yang pernah tiga kali jadi pemain terbaik dunia itu.

Foto: Koichi Kamoshida/Getty Images

“Striker paling merepotkan saya adala Ronaldo, yang dari Brasil,” ujar Buffon kepada Marca.

“Dia pemain sempurna, punya power, kecepatan, teknik bermain serta cepat. Dia begitu mengagumkan,” sambungnya.

“Sepertinya dia itu pemain buatan,” tutup Buffon.

Ronaldo punya 98 caps untuk timnas Brasil dengan torehan 62 gol, hanya kalah dari Pele sebagai topskorer sepanjang masa ‘Tim Samba’.

(mrp/din)