Jakarta – Dani Alves menilai sepakbola Italia masih dalam posisi menurun. Untuk memperbaiki kondisi itu, klub-klub bisa mencontoh Napoli.

Alves pernah merasakan atmosfer sepakbola di Italia selama satu musim. Dia bergabung dengan Juventus pada 2016/2017 dengan meraih trofi Serie A dan Coppa Italia, dan membawa Bianconeri menjadi finalis Liga Champions.

Di musim selanjutnya, Alves hengkang dari Juventus setelah meminta pemutusan kontrak. Kini Alves bermain untuk Paris Saint-Germain dan berhasil membantu tim untuk sementara bercokol di puncak klasemen Ligue 1 dan membawa PSG ke babak 16 besar Liga Champions.

Meski sudah tak lagi bermain di Italia, Alves masih menunjukkan kepeduliannya dengan sepakbola di Negeri Pizza itu. Dalam acara Gran Gala del Calcio, pria asal Brasil itu menyarankan agar sepakbola Italia mau mencontoh Napoli.

“Saya punya tahun yang bagus bersama Juve dan selalu menyenangkan melihat mereka lagi. Saya sudah berbicara dengan mantan rekan tim saya tentang kenapa saya pergi: Saya meninggalkan Juve karena menurut saya sepakbola Italia harus membaik,” kata Alves seperti dikutip Football Italia.

“Saya ingin berbuat lebih banyak tapi itu tak mudah bagi saya, saya tak sebahagia dari biasanya. Sekarang saya bahagia di PSG karena hidup saya telah mengajarkan kepada saya bahwa di sepakbola Anda melakukan sebaik mungkin dan di sana saya bebas melakukannya, yang membuat saya bahagia,” sambungnya.

“Saya berharap sepakbola Italia berubah secara umum, juga karena apa yang terjadi dengan timnas. Ini bukan hanya masalah dengan Pelatih, tapi sepakbola pada umumnya karena levelnya sudah turun.”

“Setiap orang harus mengambil contoh dari Napoli, saya sangat menyukai mereka dan visi Napoli bermanfaat untuk memperbaiki sepakbola Italia. Anda butuh lebih banyak kesenangan di sepakbola Italia daripada yang ada sebelumnya,” tegas Alves.

(ran/ran)