Jakarta – Napoli mencatatkan hasil fantastis dalam sepuluh laga terakhir mereka di Serie A. Partenopei paling sedikit mencetak tiga gol pada setiap laga dalam kurun itu.

Sepanjang musim ini, Napoli bersama Juventus masih mencatatkan hasil sempurna di enam laga Serie A. Namun, tim polesan Maurizio Sarri berhak berada di puncak klasemen lantaran unggul selisih gol 17 berbanding 15.

Napoli tidak sekadar bermain untuk menang. Mereka juga sangat berbahaya di daerah pertahanan lawan, lihat saja statistik mereka yang minimal mencetak tiga gol di laga-laga Serie A musim ini.

Jika dikombinasikan dengan musim lalu, Napoli malah sudah menjalani 10 pertandingan beruntun dengan melesakkan minimal tiga gol. Kemenangan terbesar adalah dengan skor 6-0 ketika menundukkan Benevento.

Ada total 33 gol tercipta dari 10 laga terakhir Napoli di Serie A. Dries Mertens jadi penyumbang paling banyak dengan 12 gol, diikuti Jose Callejon (7), dan Lorenzo Insigen (6).

Ketiga pemain tersebut adalah trisula dalam fromasi 4-3-3 yang biasa dimainkan Sarri. Mertens berperan sebagai ujung tombak. Sebelumnya, dia kerap bermain di posisi kiri dengan memulai laga sebagai pengganti Insigne.

Komposisi Insigne-Mertens-Callejon baru rutin dipasang sebagai starter pada pekan ke-10 musim lalu. Mereka semakin paten setelah Arkadiusz Milik mengalami cedera dan Manolo Gabbiadini pergi ke Southampton pada Januari 2017.

Pada pekan ketujuh di Serie A, Napoli akan berhadapan dengan Cagliari di Stadion San Paolo, Minggu (1/10/2017). Di laga itu Napoli punya potensi untuk memperpanjang catatan golnya, sebab dalam dua laga terakhir di musim ini sang lawan selalu kalah tanpa mencetak gol.

10 pertandingan terakhir Napoli di Serie A

2017/2018
Verona 1-3 Napoli
Napoli 3-1 Atalanta
Bologna 0-3 Napoli
Napoli 6-0 Benevento
Lazio 1-4 Napoli
SPAL 2-3 Napoli

2016/2017
Napoli 3-1 Cagliari
Torino 0-5 Napoli
Napoli 4-1 Fiorentina
Sampdoria 2-4 Napoli

(din/din)