Roma – Napoli meneruskan rentetan kemenangannya di Serie A usai mengalahkan AS Roma. Napoli menang 1-0 berkat gol tunggal Lorenzo Insigne.

Dalam pertandingan giornata 8 di Stadion Olimpico, Minggu (15/10/2017) dini hari WIB, gol Napoli tercipta di menit ke-20. Tim tamu memimpin berkat tendangan Insigne dari dalam kotak penalti.

Di paruh kedua, Roma yang berupaya mengejar ketertinggalan tampil lebih dominan. Tapi dua kali upaya Roma digagalkan tiang gawang. Sampai laga usai, skor 1-0 untuk kemenangan Napoli tetap bertahan.

Dengan kemenangan ini, Napoli melanjutkan start sempurnanya di Serie A 2017/2018. Partenopei kini sudah merangkai delapan kemenangan beruntun dan mantap di puncak klasemen dengan 24 poin. Sementara itu, Roma masih tertahan di peringkat lima dengan 15 poin dari tujuh pertandingan.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Napoli tampil menekan di paruh pertama. Pressing yang diterapkan Napoli membuat Roma kesulitan mengembangkan permainan.

Napoli juga lebih efektif di sepertiga akhir lapangan. Itu terlihat dengan beberapa peluang yang didapat Napoli lewat serangan-serangannya.

Kiper Roma Alisson Becker menggagalkan tendangan Dries Mertens di tiang dekat. Tapi Alisson tak bisa berbuat banyak saat gawangnya dibobol oleh Lorenzo Insigne di menit ke-20.

Gol ini berawal dari bola operan Mertens di kotak penalti yang membentur Daniele De Rossi. Bola kemudian jatuh ke kaki Insigne dan tanpa kesulitan, penyerang Napoli itu menceploskan bola ke dalam gawang.

Napoli mendapat peluang lewat sundulan Mertens yang meneruskan sebuah sepak pojok. Tapi bola masih mengarah tepat ke Alisson.

Sepanjang babak pertama, Roma tak mampu menciptakan peluang bersih. Tuan rumah juga sama sekali tak membuat tembakan ke arah gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Napoli bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Roma beberapa kali melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Namun upaya Aleksandar Kolarov dan Edin Dzeko tak masih belum mengarah ke sasaran.

Napoli sempat mendapat peluang emas setelah Mertens lepas di kotak penalti karena Manolas terjatuh akibat cedera. Tapi tendangan kaki kanan Mertens ke arah tiang jauh masih melenceng dari gawang.

Peluang terbaik untuk Roma hadir di menit ke-70. Umpan Diego Perotti dari sisi kiri diteruskan Federico Fazio dengan sundulan. Sial bagi Roma, bola ditepis Reina dan kemudian mengenai tiang gawang.

Mistar gawang kembali menggagalkan peluang Roma di menit ke-83. Kali ini bola sundulan Dzeko yang meneruskan tendangan sudut Kolarov hanya menerpa mistar gawang.

Roma terus berupaya untuk mencetak gol balasan. Di penghujung masa injury time, Kolarov mengirim umpan dari sisi kiri dan jatuh ke kaki Cengiz Under yang ada di sisi kanan dalam kotak penalti. Under melepaskan tembakan, tapi bola bisa diamankan Reina. Laga berakhir tak lama kemudian.

Susunan Pemain

Roma: Alisson; Peres, Manolas (Fazio 60), Juan Jesus, Kolarov; Pellegrini (Gerson 78), De Rossi, Nainggolan; Florenzi (Under 71), Dzeko, Perotti

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan, Jorginho (Diawara 72), Hamsik (Zielinski 71); Callejon (Rog 81), Mertens, Insigne

(nds/raw)