Moenchengladbach – Bayern Munich akhirnya tumbang. Berkunjung ke markas Borussia Moenchengladbach, Bayern tertinggal dua gol lebih dahulu sebelum menyerah dengan skor akhir 1-2.

Pada pertandingan di Borussia Park, Minggu (26/11/2017) dinihari WIB, Gladbach berhasil mencetak dua golnya dalam waktu lima menit. Gol penalti Thorgan Hazard membaa Gladbach memimpin 1-0, yang kemudian ditambah Matthias Ginter semenit sebelum waktu normal habis.

Baru di babak kedua, Bayern bisa menciptakan gol balasan lewat Arturo Vidal. Namun, gol itu tidak cukup untuk menghindarkan Die Roten dari kekalahan.

Hasil ini memang tidak menggoyahkan posisi Bayern di puncak klasemen dengan 29 poin hasil 13 pertandingan. Sedangkan Gladbach naik ke posisi empat usai memperoleh 24 poin, tertinggal lima poin saja dari Bayern.

[Gambas:Sportradar]

Bayern memegang kendali permainan di awal babak pertama dengan menguasai bola. Sebuah insiden terjadi di menit 11 yang mengakibatkan gelandang Gladbach Christoph Krammer cedera kepala sehingga laga dihentikan sementara.

Setelah pertandingan dilanjutkan kembali, Gladbach menciptakan peluang nyata pertama di menit 13. Operan Lars Stindl di belakang Niklas Suele membebaskan Raffael. Saat berhadapan satu lawan satu dengan Sven Ulreich, penyelesaian Raffael justru melebar.

Bayern kesulitan menciptakan peluang bersih karena kekurangan kreativitas. Di menit 38, wasit menunjuk titik penalti bagi Gladbach setelah Niklas Suele dianggap melakukan handball.

Thorgan Hazard maju sebagai eksekutor dan berhasil menyarangkan bola ke gawang untuk membuka keunggulan Gladbach 1-0 di menit 39.

Perlawanan Bayern baru terlihat empat menit kemudian. Umpan silang James Rodriguez disundul Arturo Vidal kepada Corentin Tolisso, yang meneruskannya kepada Robert Lewandowski. Pemain yang disebut terakhir melakukan sepakan backheel dan bola mengenai tiang gawang.

Gladbach merespons dengan cantik. Di menit 44, Gladbach justru berhasil memperbesar keunggulannya atas Bayern menjadi 2-0 melalui gol Mattias Ginter. Dari umpan terobosan Stindl, Ginter berdiri bebas untuk menceploskan gawang Bayern.

Bayern lebih agresif setelah kebobolan. Pada menit 62, kiper Yann Sommer mesti melakukan penyelamatan usai Mats Hummels melakukan sundulan keras. Hanya lima menit kemudian, Bayern digagalkan lagi oleh tiang gawang lewat usaha Kingsley Coman.

Gol balasan yang ditunggu-tunggu Bayern akhirnya tercipta di menit 74. Dari tepi kotak penalti Vidal melepaskan tembakan keras yang sempat mengenai tangan Sommer sebelum masuk ke gawang Gladbach skor 1-2.

Memasuki 10 menit terakhir, Bayern menciptakan peluang untuk menyeimbangkan permainan. Umpan silang Juan Bernat menemui Lewandowski, tapi sundulannya melambung tipis dari atas gawang Gladbach.

Bayern kemudian terus menggempur pertahanan Gladbach. Namun, di sisa waktu Gladbach mampu bertahan dan memenangi pertandingan dengan skor 2-1.

Susunan Pemain
BORUSSIA MOENCHENGLADBACH: Sommer, Wendt, Vestergaard, Ginter, Elvedi, Herrmann, Kramer (Jantschke 11′) (Johnsn 46′), Zakaria, Raffael (Drmic 90+1′), Stindl, Thorgan Hazard,

BAYERN MUNICH: Ulreich, Javi Martinez, Bernat (Coman 45′), Suele, Vidal, Rudy (Wreidt 68′), James Rodriguez (Freidl 46′) Tolisso, Kimmich, Lewandowski

(rin/raw)