Dortmund – Borussia Dortmund harus puas berbagi satu angka saat bertanding melawan Schalke 04 di lanjutan Bundesliga. Skor akhir laga itu imbang 4-4.

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park, Sabtu (25/11/2017) malam WIB, Dortmund unggul empat gol saat paruh pertama laga.

Gol pertama dalam pertandingan itu tercipta pada menit ke-12, Pierre-Emerick Aubameyang pencetak gol Dortmund itu. Aubameyang mencocor bola dimuka gawang, hasil umpan dari Nuri Sahin. Dortmund pun unggul 1-0.

Dortmund menggandakan keunggulan dalam pertandingan itu melalui gol bunuh diri Benjamin Stambouli pada menit ke-18. Satu umpan silang Sahin salah diantisipasi oleh Stambouli, hingga masuk ke gawang sendiri.

Dua menit kemudian, Mario Goetze memperlebar keunggulan Dortmund. Aubameyang pemberi umpan atas gol yang dicetak dengan sundulan itu.

Tendangan voli dari Raphael Guerreiro gagal diantisipasi oleh kiper Schalke, Ralf Faehrmann. Dortmund pun unggul 4-0 yang bertahan hingga jeda pertandingan.

Pada babak kedua, tim tamu bisa bangkit. Mereka bisa menceploskan bola ke gawang Dortmund, yang dikawal oleh Roman Weidenfeller.

Gol Schalke, yang dibukukan Naldo pada menit ke-53, dianulir wasit. Naldo dinilai sudah offside saat menanduk bola.

Schalke akhirnya bisa memperkecil kedudukan berkat gol sundulan Guido Burgstaller. Umpan panjang Stambouli yang menjadi kunci gol itu.

Amine Harit menambah gol Schalke di menit ke-65. Tendang pemain nomor punggung 25 itu meneruskan bola sodoran Yevheniy Konoplyanka, membobol gawang Dortmund kedua kalinya.

Petaka buat Dortmund terjadi pada menit ke-72. Aubameyang mengakhiri laga lebih awal karena mendapat kartu kuning kedua.

Keunggulan pemain itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Schalke. Mereka memperkecil defisit gol lewat Daniel Caligiuri, dengan tendangan dari dalam kotak penalti.

Schalke selamat dari kekalahan setelah Naldo menceploskan bola di masa injury time. Bola tendangan sudut Konoplyanka bisa disundul masuk ke gawang.

Dengan tambahan satu angka ini, Dortmund ada di posisi keempat klasemen dengan raihan 21 poin. Sementara itu, Schalke ada di posisi ketiga dengan raihan empat poin lebih banyak.

Susunan Pemain

Dortmund: Weidenfeller; Sokratis, Toprak, Schmelzer, Weigl; Sahin, Guerreiro (Zagadou 83); Yarmolenko (Bartra 68), Goetze (Castro 78), Pulisic; Aubameyang

Schalke: Fahrmann; Caligiuri, Kehrer (Nastasic 46), Naldo, Oczipka; Stambouli, McKennie (Harit 33), Meyer; Konoplyanka, Di Santo (Goretzka 33), Burgstaller

(cas/rin)