Jakarta – Aktivitas transfer Bayern Munich dikritik Robert Lewandowski. CEO klub Karl-Heinz Rummenigge langsung meresponsnya dengan nada kesal. Apa katanya?

Di musim panas ini, Bayern memecahkan rekor transfer Bundesliga untuk mendatangkan Corentin Tolisso dari Lyon sebesar 41 juta euro atau Rp 648 miliar.

Bayern juga membajak dua pemain Hoffenheim; Niklas Sule dan Sebastian Rudy dan Serge Gnabri dari Werder Bremen. Adapun bintang yang didatangkan adalah James Rodriguez dari Real Madrid dengan status pinjaman.

Nah, usai Bayern ditekuk Hoffenheim 0-2 di spieltag ketiga Bundesliga, Sabtu (9/9/2017), Lewy mengkritik kebijakan transfer klubnya. Die Roten disebut tidak mampu mendatangkan pemain elit.

“Bayern harus datang dengan sesuatu yang baru dan kreatif, kalau tetap ingin mendatangkan pemain kelas dunia ke Munich. Dan kalau mau bertahan di level yang sangat tinggi, anda tentu membutuhkan kualitasnya,” Lewandowski mengkritik.

Komentar itu langsung direspons Rummenigge. Ia menyayangkan Lewandowski berkata seperti itu.

“Amat disayangkan kalau dia benar-benar berpikir demikian. Loyalitas adalah bagian dari DNA Bayern dan hal yang amat penting bagi fans,” Rummenigge mengatakan kepada Bild, yang dilansir FourFourTwo.

“Untuk waktu yang lama, sekarang kami punya filosofi yang serius dan sukses yang mengantar kami pada kesuksesan besar. Saya sepakat dengan kanselir yang meminta biaya harus diatur dan dikurangi.”

“Sudah jelas Robert cuma iri dengan transfer PSG. Dia bekerja dengan kami sebagai pesepakbola dan mendapat banyak uang. Saya menyesali apa sudah ia katakan. Siapapun yang secara terbuka mengkritik klub atau rekan setimnya akan bermasalah dengan saya secara personal. Dia sudah membuat klaim yang salah musim lalu setelah laga melawan Freiburg, di mana dia mengklaim tidak mendapat dukungan,” Rummenigge menegaskan.

Kritikan ini adalah yang kedua dilontarkan Lewandowski. Yang pertama, striker berusia 29 tahun itu menyalahkan rekan setimnya karena gagal meraih predikat topskorer Bundesliga musim lalu.

“Saya tidak berpikir kuasa pemain setinggi itu. Lewandowski bisa melihatnya pada kontraknya. Dia menandatanganinya sampai 2021 tanpa klausul keluar,” Rummenigge menambahkan.

“Yang disayangkan adalah terkadang agennya sering ‘mengarahkannya’. Itu juga yang terjadi dalam kasus ini. Wawancara dilakukan di sekitar FC Bayern. Dia merugikan Robert dengan hal tersebut,” Rummenigge menjelaskan.

(din/mrp)