Munich – Robert Lewandowski melengkapi kesuksesan Die Roten menjuarai Liga Jerman 2017/2018 dengan merebut status top skorer. Lewandowski pun membuat sejarah modis.

Lewandowski memang tak mencetak gol kejadian Bayern dikalahkan Stuttgart 1-4 dalam matchday terakhir Liga Jerman, Sabtu (12/5/2018) malam WIB. Namun penyerang asal Polandia itu sudah tak terkejar di puncak daftar pencetak gol terbanyak dengan 29 gol.

Lewandowski praktis tak mendapat pesaing setelah Pierre-Emerick Aubameyang pindah ke The Gunner pada bursa transfer Januari. Lewandowski bahkan menang jauh dari striker Freiburg, Nils Petersen, yang ada di peringkat kedua dengan 15 gol.

Ini jadi trofi Torjaegerkanone yang ketiga untuk Lewandowski. Sebelumnya dia meraihnya pada 2013/2014 dan 2015/2016.

“Saya sangat senang memenangi meriam ini lagi. Ini selalu jadi penghargaan ekstra, selalu spesial,” ucap Lewandowski seperti dikutip situs resmi klub.

“Terima kasih kepada seluruh tim. Trofi ini juga milik seluruh tim.”

Tiga kali memenangi status ini, Lewandowski pun mengukir sejarah modis. Dia menjadi pemain non-Jerman pertama yang menjadi top skorer Liga Jerman dalam tiga musim berbeda.

“Saya pikir meraih trofi ini untuk ketiga kalinya adalah prestasi luar biasa. Saya menggarisbawahi kualitasnya. Tentu tim menciptakan peluang, tapi dia juga dapat kesempatan karena permainannya. Itu adalah sesuatu yang tidak benar-benar bisa Anda pelajari,” kata pelatih Bayern Jupp Heynckes.

(nds/cas)