Poster Bola – Kehilangan Neymar bukan berarti penurunan bagi Barcelona. Presiden klub Josep Bartomeu justru menilai skuat Barca saat ini lebih baik daripada musim lalu.

Megabintang sepakbola Brasil itu mengakhiri kerja samanya dengan Barcelona usai bergabung ke Paris Saint-Germain. Selama empat musim diperkuat Neymar, Barca bisa menjaga supremasinya lewat raihan dua trofi La Liga, tiga Copa del Rey, dan sekali Liga Champions.

Trisula Lionel Messi-Neymar-Luis Suarez pun selalu ditakuti lawan-lawan Blaugrana. Sampai musim 2016-17, ‘MSN’ telah memproduksi 250 gol dalam 299 pertandingan Barca yang 59 gol dan 30 assist di antaranya diciptakan Neymar.

Untuk menggantikan Neymar, Barcelona akhirnya menggaet Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Meski belum sementereng Neymar, winger muda Prancis itu tampak menjanjikan usai membukukan 11 gol dan 20 assist di musim lalu.

Dembele menjadi rekrutan terakhir Barca di bursa musim panas. Sebelumnya, Barca lebih dulu mendatangkan Gerard Deulofeu, Nelson Semedo, dan Paulinho.

“(Skuat) lebih baik. Lebih baik di sayap kanan dan di tengah lapangan,” Bartomeu berujar kepada Suarabola.

“Kami bisa melakukan serangan balik dan dengan Paulinho kami punya tenaga yang besar. Dan di depan kami punya para pemain seperti Deulofeu dan Dembele.”