Kiev – Apa yang dilakukan Gareth Bale di final Liga Champions 2018 sama bersejarahnya dengan aksi Zinedine Zidane di tahun 2002. Begitu kata Christian Karembeu.

Bale menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid atas The Reds di Kiev, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-61 dan kemudian langsung mencetak gol salto tiga menit berselang.

Menurut Karembeu, yang membela El Real periode 1997-2000, gol Bale tersebut sama signifikannya dengan gol voli Zidane (semasa masih main) kejadian menentukan kemenangan Madrid atas Bayer Leverkusen di final Liga Champions 2002.

Gol voli Zinedine Zidane di final Liga Champions 2002 (Foto: Damien Meyer/AFP)

“The Reds bermain dengan baik sampai akhirnya Bale muncul dan mengubah jalannya laga,” kata Karembeu seperti dikutip Marca.

“Ia pantas dibanjiri pujian. Bale sudah masuk sejarah seperti Zizou pada 2002. Itu merupakan dua gol luar biasa dari dua pemain legenda,” tutur mantan pemain pilar timnas Prancis itu.

Bale dua kali menjebol gawang The Reds di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev. Satu gol lain, untuk memastikan kemengan 3-1, dicetak pemain internasional Wales tersebut di menit ke-83 berkat blunder penjaga gawang The Reds Loris Karius.

(krs/din)