Jakarta – Kedatangan Fabinho ke The Reds disambut sukacita fans klub tersebut. Apakah Fabinho memang lebih baik ketimbang pemain setipe yang sudah ada?

Fabinho dibeli pada kisaran harga 44 juta poundsterling dari AS Monaco. kedatangan Fabinho tentu sangat memuaskan hasrat Klopp yang memang menginginkan pemain tengah bertahan berkualitas.

Selama ini Juergen Klopp harus memainkan Jordan Henderson, Emre Can, Lucas Leiva, dan bahkan Giorginio Wijnaldum sebagai pemain tengah bertahan. Tapi tak satupun dari mereka yang fasih memainkan peran itu.

Kebutuhan The Reds akan pemain peringkat enam itu memang sudah lama sejak kepergian Javier Mascherano ke Barca pada 2010 silam.

Terkait Fabinho, seperti yang dikatakan Klopp bahwa kemampuannya sebagai pemain serbabisa jadi alasan mengapa dia didatangkan. Ia tak cuma bisa jadi pemain nomor enam alias pemain tengah bertahan, tapi juga nomor delapan dan bahkan di peringkat nomor dua alias pemain bertahan kanan yang merupakan peringkat aslinya.

Foto: Istimewa

Jika sudah begini maka dua sosok pemain akan terancam dengan kedatangan Fabinho yakni Can dan Henderson. Pasalnya menurut statistik Squawka, Fabinho lebih baik dari Henderson dan Can dalam beberapa poin sepanjang musim ini.

Pertama adalah soal kapasitas bertahan. Fabinho unggul mutlak dari Henderson dan Can.

Fabinho: Tekel sukses (56), Unggul duel udara (77), Intersepsi (46), Blok (11), Sapuan (59)
Henderson: Tekel sukses (30), Unggul duel udara (24), Intersepsi (26), Blok (2), Sapuan (23)
Can: Tekel sukses (52), Unggul duel udara (37), Intersepsi (24), Blok (4), Sapuan (30)

Namun ternyata tak hanya kapasitas bertahan, secara kemampuan passing dan penciptaan peluang pun, Fabinho melebihi Henderson dan Can. Tak ayal, Klopp mendatangkan dia untuk menyempurnakan lini tengah.

Fabinho: Total Umpan (1718), Umpan Sukses (1491), Key Passes (27), Penciptaan Peluang (30)
Henderson: Total Umpan (1720), Umpan Sukses (1439), Key Passes (19), Penciptaan Peluang (20)
Can: Total Umpan (1379), Umpan Sukses (1170), Key Passes (20), Penciptaan Peluang (24)

Menengok statistik di atas, Fabinho sangat bisa menggeser peringkat Henderson sebagai pemain tengah terdalam dan berduet dengan Naby Keita di lini tengah.

(mrp/mrp)