Lamongan – Persela Lamongan memenangi laga kandang melawan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2018. Diwarnai sebuah gol kontroversial, Laskar Joko Tingkir unggul 2-0.

Menjamu Persija di Stadion Surajaya, Minggu (20/5/2018), Persela unggul berkat gol Diego Assis pada menit ke-84 dan Shohei Matsunaga di injury time.

Atas kemenangan ini, Persela naik ke posisi kelima klasemen sementara Liga 1 2018 dengan perolehan 13 poin dari sembilan laga. Persija duduk di urutan ke-13 dengan sepuluh poin dari tujuh laga.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Persela punya peluang emas di awal babak kedua. Tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Maman Abdurrahman terhadap Diego Assis.

Akan tetapi, peluang emas ini gagal dimaksimalkan. Matsunaga yang jadi eksekutor tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik karena tembakannya melambung.

Tak berselang lama, giliran Persija yang menyia-nyiakan kesempatan bagus. Addison Alves berdiri bebas di mulut gawang, tapi tembakannya dari jarak dekat melayang di atas mistar.

Persela memecahkan kebuntuan pada menit ke-84 melalui gol Diego Assis. Setelah tendangan akrobatiknya hanya mengenai tiang gawang, striker asal Brasil itu menyambar bola muntah untuk mencetak gol.

Gol tersebut mendapatkan protes keras dari kubu Persija, yang menganggap Diego Assis mencetak gol dengan tangan. Protes keras dari Persija ini mengakibatkan matchday terhenti selama beberapa menit. Meskipun demikian, wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Setelah matchday dilanjutkan, Persela memperbesar keunggulannya melalui gol Matsunaga di menit kelima injury time. Tembakan jarak jauh pemain asal Jepang itu berubah arah setelah mengenai kaki Jaimerson Xavier dan tak bisa dijangkau penjaga gawang Persija, Daryono.
(mfi/raw)