Manchester – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) bakal turun tangan untuk menyelidiki transfer Paul Pogba ke Manchester United. Apakah ada yang salah dengan kepindahan Pogba?

“Kami memang sedang meminta informasi ke FIFA Transfer Matching System (TMS) untuk masalah ini,” ujar juru bicara FIFA seperti dikutip Soccernet.

“Kami tidak akan berkomentar lebih jauh.”

Dari beberapa laporan yang dirangkum oleh ESPN, FIFA mengambil langkah ini usai kepindahan Pogba dari Juve ke MU musim panas lalu yang bernilai 89,6 juta poundsterling.

Dengan nilai yang memecahkan rekor transfer dunia itu, Juve sebagai pemilik Pogba nyatanya hanya mendapat sekitar 48 juta pound. Sementara sisa 41 juta pound masuk ke kantong agen Pogba, Mino Raiola.

Komisi Raiola dari transfer tersebut adalah sebesar 22,8 juta pound. Selanjutnya dia akan menerima 16,39 juta pound yang terbagi dalam lima tahap plus tambahan sekitar 2,2 juta poun dari Pogba.

Besarnya bayaran yang diterima Raiola dari transfer Pogba terungkap dalam buku ‘Football Leaks: The Dirty Business of Football’ yang dijadwalkan beredar pekan ini.

Raiola sendiri memang dikenal sebagai agen pemain kelas kakap karena beberapa kali berhasil membuat deal besar. Selaoin Pogba, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, Mario Balotelli, Romelu Lukaku, dan Gianluigi adalah kliennya.

(mrp/fem)