Jakarta – Kompetisi Serie A 2017/2018 sudah memainkan laga terakhirnya akhir pekan kemarin. Total ada tujuh klub yang akan mewakili Italia di kompetisi Eropa musim depan.

Persaingan perebutan satu tiket terakhir ke Liga Champions menjadi sorotan pada matchday giornata 38. Lazio dan Nerazzurri saling berhadapan dalam laga hidup-mati untuk merebut satu jatah tersisa ke kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu.

Sebelum laga digelar, Lazio yang menempati posisi empat klasemen dengan 72 poin hanya butuh hasil setara untuk finis di posisi keempat. Sementara itu, Inter wajib unggul jika ingin menyalip Lazio.

Dalam matchday yang digelar di Stadion Olimpico, Senin (21/5/2018) dini hari WIB, Lazio sempat berada di atas angin setelah menang 2-1. Tapi Inter kemudian bangkit untuk berbalik unggul 3-2.
Dengan kemenangan tersebut, Inter mengakhiri musim dengan mengumpulkan 72 poin. Meski punya jumlah poin sama dengan Lazio, Inter menang head-to-head atas tim asal ibu kota itu.

Dengan demikian, Inter melengkapi empat wakil Italia yang akan tampil di Liga Champions 2018/2019. Inter Milan menyusul Juventus (juara), Napoli (runner-up), dan AS Roma (posisi ketiga).

Dengan adanya aturan trendi, Inter tak akan melalui fase kualifikasi dan akan lolos langsung ke fase grup. Sebagai informasi, Serie A Italy menjadi salah satu dari empat liga teratas yang mendapat jatah empat klub di Liga Champions 2018/2019.

Sementara itu, jatah Liga Europa menjadi milik Lazio, AC Milan, dan Atalanta yang beruntun finis kelima, keenam, dan ketujuh. Lazio dan Milan akan langsung masuk ke fase grup, sementara Atalanta akan masuk ke putaran kedua kualifkasi.

Klub-klub Serie A di kompetisi Eropa musim depan:

Liga Champions
Juventus
Napoli
AS Roma
Nerazzurri

Liga Europa
Lazio
AC Milan
Atalanta (fase kualifikasi putaran kedua)

(nds/fem)