Jakarta – Disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik, Gianluigi Buffon belum pernah meraih Ballon d’Or. Menurut Dino Zoff, Buffon akan sulit meraihnya saat-saat ini.

Pencapaian terbaik Buffon dalam penghargaan Ballon d’Or adalah menjadi runner-up pada 2006. Dia menyerah dari rekan setimnya di timnas Italia, Fabio Cannavaro.

Sementara pada Ballon d’Or 2017, Buffon hanya ada di urutan keempat. Dia berada di belakang Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymar.

Kemenangan Ronaldo pada Ballon d’Or 2017 melanjutkan duopoli Ronaldo-Messi di penghargaan tersebut yang sudah berlanjut sejak 2008.
Zoff, yang juga hanya menjadi runner-up pada Ballon d’Or 1973, tak menampik apabila Buffon adalah salah satu pemain terbaik. Namun, selama masih ada Ronaldo dan Messi, penjaga gawang berusia 40 tahun itu akan sulit memenangi Ballon d’Or.

“Dia adalah salah satu yang terbaik. Kariernya sangat-sangat luar biasa. Dia juga belum mengatakan kalau sudah game over, jadi kita harus menunggu untuk membuat penilaian,” ujar Zoff kepada RMC Olahraga dikutip Football Italia.

“Ballon d’Or? Saya juga hanya finis posisi dua kok. Tapi, saya tak protes karena Cruyff yang memenanginya. Buffon bekerja dengan baik, tapi selama ada monster seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, akan sangat sulit bagi dia untuk meraihnya.”

“Mungkin di periode lain dia bisa mendapatkannya, tapi tidak pada tahun-tahun sekarang. Mereka (Ronaldo dan Messi) adalah fenomena,” tutur pemenang Piala Dunia 1982 itu.

(nds/mfi)