Jakarta – Cederanya Andritany Ardhiyasa membuat Daryono dipercaya mengawal gawang Persija Jakarta. Daryono mengaku mendapatkan pesan special dari Andritany.

Andritany telah absen pada empat laga terakhir yang dijalani Persija. Penjaga gawang 26 tahun itu mengalami cedera kejadian membela timnas Indonesia di PSSI Anniversary Cup 2018. Kini, Andritany sedang menjalani masa pemulihan.

Setelah Andritany cedera, pelatih Stefano Cugurra Teco memainkan Daryono dan Rizky Darmawan di peringkat kiper secara bergantian. Namun, hasilnya kurang memuaskan. Dalam empat laga terakhir, Persija menelan kekalahan berurutan dan kemasukan sepuluh gol, baik di ajang Piala AFC maupun Liga 1.

“Banyak yang bilang setelah Bang Andritany absen kami sering kebobolan. Tapi di kejadian kami kemasukan itu awalnya di liga bukan karena kami yang salah, mungkin faktor teknis lainnya,” ujar Daryono.

“Andritany pernah berpesan pada saya, ‘untuk jadi pemain hebat kamu harus dapat cobaan yang hebat juga. Trendi kamu bisa jadi hebat’,” ungkapnya.

Persija akan menjamu Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (25/5/2018) malam. Daryono kemungkinan besar akan kembali diturunkan oleh Teco.

Daryono merasa tak terbebani. Namun, dia akan bekerja keras untuk mengawal gawang timnya dengan sebaik-baiknya.

“Jadi kalau untuk masalah beban dalam matchday mungkin tidak ada, walaupun kami main musuh tim papan atas karena saya sering sharing juga sama Andritany, sama pelatih penjaga gawang, dan sama pelatih-pelatih lain. Semua mendukung penjaga gawang di Persija, mungkin kami tidak pernah mempermasalahkan untuk masalah beban,” katanya.

(ads/mfi)